London (ANTARA News) - Desainer Amerika Serikat Tom Ford  ,Senin, untuk pertama kali akan meluncurkan koleksi busana wanita di London.

Reuters melaporkan para blogger industri dan pembeli berbondong-bondong ke London musim ini berkat sejumlah nama besar yang tampil di pekan mode itu, antara lain Burberry, Erdem, Vivienne Westwood, dan Tom Ford.

Nilai langsung dari industri mode Inggris pada 2,5 triliun dolar AS perekonomian Inggris adalah sekitar 21 miliar pound atau 32,6 miliar dolar AS, menurut perkiraan dari Dewan Mode Inggris (BFC).

Nama besar seperti Alexander McQueen dan Stella McCartney  memulai karier dari London namun kini kota tersebut sedang berjuang  mempertahankan citra internasionalnya untuk tetap setara dengan Paris, Milan dan New York.

Kehadiran penyanyi Rihanna dan Tom Ford di panggung catwalk tahun ini bersama dengan sejumlah nama-nama yang telah mapan, antara lain Westwood, menjadikan London bangkit menghadapi tantangan ini.

"Belum pernah konsumen internasional memiliki pengetahuan dan keinginan lebih untuk memiliki koleksi yang ditampilkan di catwalk London, "kata Natalie Massenet, Ketua BFC dan pendiri ritel dalam jaringan busana mewah Net-a-Porter pada awal Pekan Mode London.

Dengan kehadiran pembeli dari 39 negara yang berbeda, BFC memperkirakan bahwa pesanan senilai lebih dari 100 juta pound masing-masing disepakati dalam setiap musim Pekan Mode London.

Pada Senin, desainer kelahiran Kanada Erdem Moralioglu, yang desainnya sangat populer di kalangan selebriti di kedua sisi Atlantik, menyajikan motif bunga yang menjadi ciri khasnya dalam nuansa warna hitam dan biru abu-abu dengan goresan warna kuning dan ungu.

Renda menghiasi gaun malam hitam dramatis, sedangkan lapisan organza menambahkan dimensi pada gaun-gaun malam yang disajikan di Galeri modern White Cube di distrik Bermondsey, London yang dihadiri oleh editor Vogue Amerika Serikat Anna Wintour.

Sementara itu desainer kelahiran Belanda Michael van der Ham, salah satu pemenang penghargaan mode bergengsi dari BFC, Fashiod Forward Award, menuangkan suasana hatinya dalam koleksi sutra bordir gelap dengan teknik potong yang halus dan perincian yang menampilkan motif yang rumit.

(G003/C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013