... 1 kilogram shabu-shabu di pasar gelap di New Delhi, India, sekitar 1.200 dolar Amerika Serikat... di Bali dengan takaran yang sama dijual sekitar Rp1,8 miliar... "
Denpasar (ANTARA News) - "Bali berpotensi menjadi pasar gelap narkoba di Indonesia. Harga narkoba di Bali jauh lebih tinggi dibandingkan dengan di wilayah dan negara lain," katanya." kata Direktur Narkoba Kepolisian Daerah Bali, Komisaris Besar Polisi Mulyadi, di Denpasar, Kamis.

Ia menyebutkan, harga 1 kilogram shabu-shabu di pasar gelap di New Delhi, India, sekitar 1.200 dolar Amerika Serikat (sekitar Rp11,76 juta), sedangkan di Bali dengan takaran yang sama dijual sekitar Rp1,8 miliar.

"Saat ini Bali tidak hanya menjadi transit perdagangan gelap narkoba melainkan telah menjadi tempat pemasaran utama," kata Mulyadi.

Status Bali sebagai tujuan utama pariwisata internasional dan domestik Indonesia menyuburkan hal ini. "Selain dijadikan tempat transit, Bali juga tempat pemasaran karena pemakainya ada di sini, setelah itu di bawa ke daerah lain," ujarnya.

Salah satu "pasar potensial" narkoba di Bali adalah turis-turis mancanegara yang tidak pernah surut berdatangan. 

(KR-MDE/M038)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013