Jakarta (ANTARA News) - Bila Anda akan berpergian jauh menggunakan pesawat terbang, kereta api, bus, atau pun mobil, sebaiknya perhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Beberapa jenis makanan berikut ini adalah jenis makanan yang akan mengganggu perjalanan Anda, karena dapat menyebabkan rasa kembung atau pun mual, sebagaimana dilansir dari laman Boldsky.

Makanan yang mengandung keju mungkin sangat menggoda untuk dikonsumsi. Namun, keju mengeluarkan gas yang membuat lambung sulit untuk mencerna.

Hal itu membuat perut Anda tidak nyaman sepanjang perjalanan karena terasa penuh. Burger, atau camilan yang digoreng memang makanan yang mudah dikonsumsi dan praktis. Namun, jenis makanan ini juga sulit untuk dicerna.

Meskipun harganya murah dan mengenyangkan, namun ini dapat menyebabkan masalah pada lambung dan tentu saja membuat bobot tubuh Anda meningkat.

Minuman bersoda atau minuman ringan memang menyegarkan, namun minuman berkarbonasi ini juga menyebabkan kembung, masalah lambung, dan membuat bau mulut menjadi tak sedap.

Bila Anda ingin mengkonsumsi permen, sebaiknya hindari permen karet saat perjalanan jauh. Saat Anda mengunyah permen karet, banyak udara yang akan masuk melalui mulut, sehingga menimbulkan rasa kembung di perut.

Makanan pedas memang disukai banyak orang, namun ini terlalu berat untuk perut Anda. Makanan pedas dapat menyebabkan mulas saat perjalanan jauh dan tentu ini akan menganggu.

Makanlah makanan ringan yang tidak terlalu pedas. Makanan berbahan dasar tepung seperti mie dan pasta juga sebaiknya dihindari. Jenis makanan ini sulit untuk dicerna sehingga menyebabkan rasa penuh dan kembung di perut.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012