Kendari (ANTARA) - Warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara memadati Pasar Tradisional Wameo di Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro untuk menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa.

Warga dari berbagai usia terlihat berdiri di sepanjang jalan, mulai jalur masuk pasar hingga ke dalam pasar. Mereka ingin melihat langsung sosok Presiden Jokowi.

Terlihat bapak-bapak maupun ibu-ibu, hingga anak kecil berdiri berbaris di sepanjang jalan pasar tersebut demi bersua dan menyapa Presiden Jokowi.

La Pati (61), warga Kelurahan Tarafu Pos 3, Kecamatan Batupoaru, mengaku datang ke Pasar Wameo sejak pukul 06.30 Wita untuk melihat sosok orang nomor satu di Tanah Air ini.

"Pernah lihat beliau (Presiden Jokowi, red.), tetapi hanya kita lihat di TV. Pak Jokowi ganteng, putih, tinggi. Kita datang di sini karena kita ingin lihat langsung sosok Pak Jokowi, apalagi kan ini kunjungan pertama Presiden di Baubau," katanya.

Baca juga: Jokowi disebut Presiden kedua datang di Baubau setelah Soeharto

Dia berharap, dengan kedatangan Presiden ke pasar tersebut harga sembako dan kebutuhan lainnya bisa turun.

"Harapan kita semua kegiatan di pasar bisa dimanfaatkan warga, siapa tahu dengan kedatangan Presiden bisa ada penurunan harga, karena Presiden kan ingin samakan semua warga," ujar dia.

Warga lainnya dari Kelurahan Nganganaomala, Kecamatan Batupoaro, Muslimah (48), mengaku datang ke Pasar Wameo bersama anaknya sejak pukul 06.00 Wita.

"Iya pernah lihat Pak Jokowi, tapi hanya lewat TV saja. Makanya kita rela datang dari pagi-pagi sekali jam 06.00 Wita, untuk melihat langsung Pak Jokowi," katanya.

Dia berharap, kedatangan Presiden di daerah itu bisa membuat harga sembako diturunkan dan bantuan langsung tunai (BLT) dan bansos lainnya terus berlanjut.
 
Warga Baubau padati Pasar Wameo menanti kedatangan Presiden Jokowi, Selasa (27/9/2022) (ANTARA/Harianto)


Terlihat pula personel gabungan TNI-Polri hingga Satpol PP mengamankan pasar tersebut di sepanjang jalan, termasuk di kawasan pasar tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Baubau La Ode Darusalam mengatakan Presiden Jokowi diagendakan melaksanakan tiga kegiatan di antaranya menerima anugerah gelar adat dan budaya dengan gelar La Ode Joko Widodo Lakina Bhawaangi Yi Musantara dari Sultan Buton Ke-40.

Kemudian Presiden berkunjung ke Pasar Tradisional Wameo serta bakal menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada penerima di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Baubau.

"Setelah itu Beliau (Presiden Jokowi, red.) ke Pasar Wajo Kabupaten Buton, baru kembali ke Baubau untuk makan siang di Rumah Makan Lakeba. Setelah itu baru ke Buton Selatan," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi jalan kaki ke hotel di Baubau untuk sapa masyarakat
Baca juga: Warga Baubau antusias sambut kedatangan Presiden Joko Widodo

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022