mal ini merupakan satu-satunya di Indonesia
Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau mulai Kamis resmi mengoperasikan Mal Vaksinasi COVID-19 dengan target 500-600 dosis per hari berlokasi di Gedung Arsip Dinkes Riau Jalan Melur Pekanbaru.

"Keberadaan Mal Vaksinasi COVID-19 sekaligus bisa melayani imunisasi rutin di Kota Pekanbaru dan diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Riau, khususnya di Kota Pekanbaru, mal ini merupakan satu-satunya di Indonesia," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini belum ada di Indonesia yang membuka diri untuk menyatakan siap memberikan pelayanan vaksinasi setiap hari, dan mal vaksinasi COVID-19 yang diresmikan Gubernur Riau Syamsuar ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Baca juga: Gubernur Riau imbau masyarakat vaksinasi booster hadapi subvarian baru

Zainal menyebutkan, di gedung mal vaksinasi tersebut disediakan tiga jenis pelayanan sekaligus, pertama adalah mal vaksinasi dan imunisasi, yang kedua unit kearsipan yang sudah sistem digitalisasi, serta public service call 119.

"Untuk seminggu ke depan dalam sebulan ini, Dinkes Riau melaksanakan evaluasi terhadap vaksinasi ini. Kalau memang dibutuhkan masyarakat, pihaknya akan menyediakan mobil layanan vaksinasi," katanya.

Kalau ada satu RT, katanya lagi, masyarakatnya ada 100 orang yang membutuhkan pelayanan vaksinasi, petugas akan datang memberikan pelayanan di sana.

Baca juga: Rumah Vaksin 24 Jam layani vaksinasi 12.073 warga Pekanbaru

Kadiskes Riau menambahkan, setiap hari target vaksinasi tersebut untuk 500-600 dosis. Selain vaksinasi COVID-19, maka anak kecil juga bisa melakukan imunisasi rutin di lokasi tersebut.

Ia berharap fasilitas ini menjadi alternatif bagi masyarakat yang bisa dimanfaatkan setiap hari untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi.

"Kesiapan vaksinasi di Riau dipastikan cukup, untuk SDM maka Diskes Riau bekerja sama dengan Dinkes Kota Pekanbaru dan ketika memang melebihi kunjungan maka Diskes Riau siap mendukung," katanya.

Baca juga: BIN Daerah - Kanwil Kemenkumham Riau percepat vaksinasi warga binaan


 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022