Banjarmasin (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan menggelar sosialisasi sertifikasi dosen dan bimbingan teknis (bimtek) cara membuat Pernyataan Diri Dosen pada Unjuk Kerja Tridharma Perguruan Tinggi (PDD-UKTPT).

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Muhammad Akbar mengatakan sosialisasi tersebut sangat penting bagi para dosen yang saat ini mengikuti proses sertifikasi.

"Kami sangat berharap semua yang ikut bisa eligible (memenuhi syarat) dan bisa mengikuti proses selanjutnya," ujarnya, saat membuka sosialisasi tersebut secara virtual, dilaporkan Senin.

Dalam acara tersebut, disampaikan dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masuk nominasi ada 540 orang, sedangkan yang sudah memenuhi syarat ada 45 orang.

Sertifikasi dosen, kata dia, sangat menentukan kualitas sumber daya manusia dan menjadi patokan penting bagi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk melihat kapasitas kampus serta program studi masing-masing.

Baca juga: LLDIKTI harapkan mahasiswa Kalimantan daftar KIP Kuliah Merdeka

Baca juga: Kuota KIP Kuliah LLDIKTI Kalimantan 2021 sebanyak 5.330 mahasiswa


"Sertifikasi dosen, selain untuk menambah kapasitas kita sebagai dosen dan juga meningkatkan kesejahteraan kita sebagai dosen," ujarnya.

Karena itu, sebut dia, apabila hal tersebut disia-siakan maka telah membuang kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarga.

"Bagi para peserta manfaatkan lah peluang emas ini," ujar Akbar.

Hadir sebagai narasumber penting dalam sosialisasi tersebut, yaitu Prof Dr Ir H Nasaruddin Salam.

Di awal pembukaan sosialisasi tersebut, dikatakan Nasaruddin, tujuan dari sertifikasi dosen, diantaranya ; menilai profesionalisme dosen, melindungi profesi dosen sebagai agen pembelajaran, meningkatkan proses dan pendidikan.

Selanjutnya, mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional, dan meningkatkan kesadaran dosen terhadap kewajiban menjunjung tinggi kejujuran dan etika akademik terutama larangan untuk melakukan plagiat.

Baca juga: Kepala LLDIKTI XI minta PTS Kalimantan perhatikan sarana disabilitas

Baca juga: Kepala LLDIKTI XI apresiasi PTS Kalimantan bantu korban banjir

 

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022