Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mencanangkan program "go green campus" atau menuju kampus hijau sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan salah satu upaya mengurangi pemanasan global.

"Program itu melibatkan semua sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UMY Sri Atmaja P Rosyidi di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, untuk mewujudkan program "go green campus" itu harus dimulai dari pihak internal sehingga semua sivitas akademika UMY seperti unit kegiatan mahasiswa, dosen, karyawan, dan pejabat struktural ikut dalam program tersebut.

"Program itu juga akan memberikan dampak positif bagi kegiatan akademik di kampus. Dengan hijau dan asrinya lingkungan kampus, maka mahasiswa juga menjadi lebih nyaman dan fokus mengikuti kegiatan akademik di kampus," katanya.

Selain penghijauan di lingkungan kampus, kata dia, UMY juga melakukannya di luar kampus yakni di daerah lereng Gunung Merapi di Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ia mengatakan, UMY juga mengembangkan laboratorium pertanian terpadu di Brosot, Kulon Progo, melakukan kegiatan hemat dan efisiensi energi, meminimalisasi penggunaan kertas dengan lebih memanfaatkan teknologi.

Selain itu, menurut dia, UMY juga melakukan pengolahan atau daur ulang limbah sampah sehingga memiliki nilai jual.

Ia mengatakan, dengan program itu UMY siap untuk mengikuti "go green campus competition" berskala international.

"UMY akan mengikuti kompetisi itu sebagai indikator untuk mengukur keberhasilan program `go green campus` dan jika berhasil akan memperoleh sertifikasi sebagai kampus hijau," katanya.

Menurut dia, dengan terlaksananya program itu diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi lingkungan maupun pihak eksternal dan internal UMY.

"Kami berharap program itu dapat berjalan sukses dan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan, masyakarakat sekitar, dan sivitas akademika UMY," katanya. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012