Padang (ANTARA News) - Jajaran Kepolisian Resort Kota Padang, Sumatera Barat, menyatakan untuk menyambut perayaan pergantian tahun, tujuh objek wisata di daerah itu akan dikawal ketat aparat gabungan.

Kabag Ops Polresta Padang Kompol Ari Yuswan Triyono di Padang Senin megatakan, menyambut malam Tahun Baru 2012, aparat gabungan akan disiagakan di beberapa tempat wisata untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung.

"Kita memprediksi akan ada lonjakan jumlah pengunjung dibeberapa lokasi objek wisata di Kota ini, sehingga untuk mengantisipasi keamanan, kita telah menyiapkan personel yang akan mengamankan loksi-lokasi tersebut," kata Ari.

Dia menambahkan, objek wisata yang akan diamankan tersebut antara lain obyek di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kecamatan Padang Barat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kecamatan Padang Selatan, Kecamatan Koto Tangah.

Objek wisata yang dikawal ketat aparat kepolisian tersebut adalah pantai Pasir jambak, pantai Padang, pantai Bung Hatta, pantai Air Manis, pantai Carolin, pantai Nirwana, serta kawasan Panorama I dan II di jalan linta Kota Padang dengan Kota Solok.

Aparat gabungan yang dilibatkan untuk menyambut pergantian tahun di darah itu mencapai 837 personil, dimana 473 personil diantaranya dari jajaran Polresta Padang, dan selebihnya berasal dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Orari, Tim SAR, TNI, Brimob, serta jajaran Polda Sumbar.

Dari semua objek wisata yang dikawal ketat tersebut, Pantai Padang dipediksi akan menjadi obyek yang paling banyak dikunjungi warga. Polisi memberlakukan sterilisasi kendaraan di tempat itu.

"Setiap lokasi objek wisata kita akan menempatkan sekitar 10 personel, dan untuk pantai Padang jumlahnya akan sedik lebih banyak, mengingat lokasi tersebut diprediksi sebagi tujua utama mayarakat dalam perayaan pergantian tahun tersebut," jelas Ari.

Ari menambahkan, pengamanan dilakukan baik untuk mengantisipasi kriminalitas, peredaran narkoba, antisipasi teror, dan lainya yang mungkin saja terjadi.

Selain pangamanan dengan menempatkan personil di lokasi objek wisata, juga dilakukan patroli seluruh wilayah Kota Padang selama malam pergantian tahun tersebut.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011