Wali Kota Sumbang Rp100 Juta G (ANTARA) - Wali Kota Sorong Lambert Jitmau memberikan sumbangan uang tunai senilai Rp100 juta kepada panitia pelaksana musyawarah besar atau Mubes suku pribumi MOI Kota Sorong, Papua Barat, Selasa.

Lambert mengatakan jangan dilihat dari nilai bantuan tersebut, tetapi bantuan tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada suku pribumi kota Sorong yang selama ini mendukung kelancaran pembangunan daerah.

Dia mengatakan bahwa Pemerintah Kota Sorong dalam program pemberdayaan di berbagai bidang sangat mengutamakan masyarakat suku MOI.

Hampir sepuluh tahun menjadi Wali Kota Sorong, dirinya sangat memperhatikan Suku MOI terutama bidang pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia MOI yang berkualitas untuk menjadi pemimpin di negerinya sendiri.

Pendidikan adalah aspek yang sangat penting guna memajukan sumber daya manusia suku MOI sehingga pemerintah Kota Sorong membangun asrama mahasiswa putra dan putri yang dekat dengan kampus Universitas Papua di kota studi Manokwari.

Selama itu, kata dia, Pemerintah Kota Sorong juga memberikan bantuan biaya studi bagi ratusan mahasiswa pribumi suku MOI yang menempuh pendidikan di luar maupun dalam daerah.

"Saya juga membangun ratusan rumah layak huni bagi masyarakat suku MOI di Kota Sorong. Dan itu bentuk pemberdayaan pemerintah daerah terhadap masyarakat asli pemilik tanah Sorong," ujarnya.

Dia berharap agar musyawarah besar suku MOI menghasilkan keputusan-keputusan yang berpihak terhadap generasi muda MOI hari ini dan di masa yang akan datang.

Ia juga berpesan kepada masyarakat suku MOI agar tetap menjaga tanah dan hutan adat agar dapat dirasakan oleh generasi suku MOI di masa yang akan datang.*

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022