Jakarta (ANTARA) - Platform komunitas anime, komik dan game (ACG) Asia Tenggara BStation mengatakan kreator konten virtual (VCreator) akan memeriahkan industri konten digital Indonesia, khususnya hiburan.

Dikutip dari keterangan BStation, Selasa, VCreator adalah persona virtual yang digambarkan oleh streamer melalui avatar daring.

Baca juga: "Suzume no Tojimari" tayang di Jepang 11 November 2022

Setiap VCreator memiliki gambaran penampilan fisik yang khas dan didukung oleh latar belakang, kepribadian, suara, dan cita-cita yang unik untuk menunjukkan persona seperti kehidupan asli yang menarik.

"Seiring dengan berkembangnya dunia metaverse yang mengintegrasikan aktivitas keseharian orang-orang ke dalam dunia digital, VCreators menampilkan gambaran konten daring dan kepribadian internet yang sangat mungkin terjadi di masa depan," kata BStation.

Di Indonesia, pertumbuhan VCreator mengalami lonjakan popularitas yang sangat besar selama pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang menghabiskan waktu di rumah sehingga mendorong mereka untuk mengonsumsi konten digital lebih banyak.

Lebih lanjut, variasi konten VCreator tidak terbatas, dan konten yang paling populer adalah karaoke dan komentar langsung terhadap suatu permainan atau anime yang mudah dikonsumsi.

Selanjutnya, VCreator dinilai tidak memiliki batasan kreativitas tertentu. Dikutip dari Playboard, sejumlah VCreator mampu menghasilkan Rp5 hingga 8 juta per tahun hanya dari sumbangan para penggemar.

Sementara beberapa VCreator lain yang telah mendapatkan pengakuan internasional mampu menghasilkan sebanyak Rp41 miliar setiap tahunnya.

Jumlah tersebut membuat manajemen talenta lokal untuk VCreator ini semakin berkembang, beberapa di antaranya seperti NIJISANJI ID dan Hololive ID yang berasosiasi dengan grup perusahaan asal Jepang, dan Maha5 yang merupakan agensi berbasis lokal.

"Menyadari tren profesi VCreator di Indonesia, BStation sebagai platform streaming video terkemuka tertarik untuk mendukung tren yang tengah berkembang ini dalam dunia hiburan masa depan dan memperkaya gaya hidup digital generasi muda," kata BStation.

Platform streaming tersebut menawarkan ruang bermain dan peluang baru bagi VCreator untuk memamerkan kreativitas dan diri mereka, lengkap dengan fitur built-inlive streaming.

Baca juga: Yamada Ryosuke kembali di dua film live action "Fullmetal Alchemist"

Para penggemar yang menonton video live streaming bersama VCreators dapat berkomunikasi langsung dengan streamer favorit mereka melalui fitur Live Comment.

Bstation menghelat kampanye Vcreator in Your Eyes! yang akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 22 April untuk mendukung VCreator lokal untuk menunjukkan kreativitas mereka, dan mengundang lebih dari 20 VCreator, antara lain Reynard Blanc, Milly Cotone, Lily Ifeta dan Rora Meeza.

Baik kreator dan pengguna dapat mengambil bagian dalam kampanye ini, dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik.


Baca juga: Fujiko A. Fujio meninggal dunia

Baca juga: Platform video dan hiburan Bstation hadir di Indonesia

Baca juga: Serial anime "Pokemon" rayakan 25 tahun mengudara

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022