Jakarta (ANTARA) - Peneliti senior Southeast Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Center for Food and Nutrition (RECFON) Grace Wangge mendorong agar penanganan stunting dilakukan secara holistik dan melibatkan banyak pihak.

“Dari hasil analisis kami, pengetahuan pemangku kebijakan di daerah mengenai hubungan stunting dan pengendalian tembakau masih rendah. Begitu juga dengan pengetahuan masyarakat pada umumnya,” ujar Grace di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan hasil penelitian menunjukkan bahwa erat kaitannya antara rokok dengan stunting. Keluarga yang memiliki anggota keluarga seperti ayah yang merokok, berpotensi memiliki risiko stunting yang lebih tinggi dibandingkan keluarga yang tidak merokok.

Baca juga: Wapres harap UMKM tak terkena "stunting"

Selama ini, target sasaran kampanye dari penanganan stunting adalah 1.000 hari pertama kehidupan dan anemia pada remaja putri.

“Padahal di sisi lain, remaja putra juga berperan besar, karena nantinya dia yang akan menjadi ayah. Jika remaja putra tersebut merokok, maka akan berdampak, tidak hanya pada kesehatan diri sendiri tetapi juga pada anak dan keluarganya pada masa depan,” jelas dia.

Untuk itu, dia mendorong agar perlunya pembaruan strategi kampanye dan edukasi nasional mengenai stunting. Target sasaran kampanye dan edukasi diperluas pada seluruh anggota keluarga, penguatan materi dan perbaikan narasi hubungan stunting dan konsumsi tembakau pada keluarga, dan penguatan materi dan perbaikan narasi tentang konsep penyebab stunting.

Juga perlu peningkatan pendampingan perangkat daerah lintas kementerian dalam melakukan kampanye dan edukasi kesehatan nasional, serta perlunya panduan evaluasi yang lebih spesifik dan terarah bagi perangkat daerah mengenai pelaksanaan aksi konvergensi stunting.

Direktur SEAMEO RECFON, Muchtaruddin Mansyur, mengatakan berbagai penelitian membuktikan bahwa keluarga dengan konsumsi rokok mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk anaknya mengalami stunting dan masalah gizi lainnya.

“Pengendalian prevalensi kebiasaan merokok ini sangat penting melalui pendekatan kebijakan yang perlu menjadi perhatian semua pihak,” kata Muchtaruddin.***3***

Baca juga: Megawati canangkan Kampung Keluarga Berkualitas Bebas "Stunting"
Baca juga: BKKBN-Kominfo edukasikan stunting lewat kampanye "Empat Terlalu"


Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022