Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini ke warga di sembilan kabupaten Sumatera Selatan untuk mewaspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, Sabtu.

Rilis pers diterima ANTARA di Palembang, Sabtu, 1hujan sedang hingga lebat diperkirakan berdurasi singkat pada pagi hingga sore hari di wilayah Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim, Musi Banyuasin, Lahat, Pagaralam dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Sedangkan pada malam hari berpotensi terjadi di wilayah Musi Rawas, Muara Enim, OKU dan OKU Timur.

Sementara itu, pada pagi hari diperkirakan berawan hingga berpotensi mengalami hujan sedang di wilayah Ogan Ilir, OKI, Muara Enim dan Musi Banyuasin.

Adapun potensi hujan ringan pada pagi hari terjadi di wilayah Banyuasin, Palembang, OKU Timur, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Lahat dan Empat Lawang.

Baca juga: BMKG: 11 kabupaten/kota Sumsel berpotensi hujan lebat disertai petir
Baca juga: Tangani banjir, DPRD Sumsel: Perbanyak kolam retensi di Palembang

Pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan berawan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Lahat, Pagar Alam, Muara Enim dan OKU Selatan. Adapun, cuaca berpotensi hujan ringan di wilayah Empat Lawang dan OKU.

Pada malam hari cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Musi Rawas, Muara Enim, OKU dan OKU Timur. Kemudian, wilayah yang berpotensi hujan ringan di Musi Banyuasin, PALI, Prabumulih, Lahat dan Ogan Ilir.

Pada dini hari diperkirakan cuaca berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Banyuasin, Muara Enim, PALI, Prabumulih, Ogan Ilir, Banyuasin dan Palembang.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI diperkirakan 23 – 31 °C, Kelembapan Udara 65 % - 98 %.

Suhu Udara Wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan diperkirakan 18 – 30 °C dan kelembapan udara 70 % - 100 %.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 - 25 km per jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa dan Selat Bangka bagian Utara berkisar 0,5 – 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Selatan berkisar 0,1 – 0,5 meter, cuaca berawan, arah angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 07 – 32 km per jam.

Baca juga: Nelayan Sumsel sebut cuaca makin ekstrem, masa tak melaut makin lama

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022