Meski bantuan ini tidak seberapa tetapi  setidaknya bisa mengurangi beban warga yang mengalami musibah,
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sesuai arahan Gubernur Sugianto Sabran menyalurkan bantuan untuk para korban kebakaran di Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur senilai ratusan juta rupiah.
​​
"Meski bantuan ini tidak seberapa tetapi  setidaknya bisa mengurangi beban warga yang mengalami musibah," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Jumat.

Bantuan yang diberikan Pemprov Kalteng melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK), diantaranya berupa 80 paket sembako dan perlengkapan dapur keluarga 80 paket.

Bantuan lainnya yaitu peralatan makan 80 paket, makanan anak 80 paket, paket untuk keluarga dan anak 80 paket, terpal merah 80 lembar, 80 kasur merah dan bantuan uang tunai sebesar Rp240 juta dengan rincian Rp3 juta per kepala keluarga.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa tidak ada
​​​seorang pun yang menginginkan musibah kebakaran terjadi, namun hal ini bisa saja akibat kelalaian, kesengajaan atau ketidaksengajaan.

Pemprov,  kata dia,  terus memberikan dukungan dan semangat serta selalu mendoakan agar masyarakat yang terkena musibah diberikan kekuatan, ketabahan, kesabaran dan bisa beraktivitas kembali.

"Semoga bantuan ini akan bermanfaat bagi masyarakat," kata Edy yang  sebelumnya menjabat Bupati Pulang Pisau.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat senantiasa menjaga kesehatan. Apalagi saat ini pandemi COVID-19 masih terjadi sehingga diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Jangan lupa menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta mencegah atau menjauhi kerumunan," ujar Edy Pratowo.

Bantuan yang disalurkan tersebut diberangkatkan dari Kantor Gubernur Kalteng. Turut hadir Penjabat Sekda Nuryakin, jajaran kepala perangkat daerah, beserta tim relawan.

Musibah kebakaran terjadi di Desa Pundu pada Senin (3/1) yang berdampak pada sekitar 80 kepala keluarga. 


Baca juga: Kapolda Kalteng instruksikan jajaran antisipasi karhutla-bencana alam
Baca juga: Pemprov Kalteng serahkan bantuan Rp7,5 miliar dampak erupsi Semeru

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022