Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah besar daerah-daerah di Indonesia mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG di Jakarta, Jumat, cuaca tersebut diprakirakan terjadi di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Cuaca serupa juga berpotensi melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga: BMKG minta waspadai hujan petir dan angin kencang di Jaksel dan Jakbar
Baca juga: Kota Kupang masuk daftar siaga dampak hujan lebat

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan. Sedangkan Sulawesi Barat diprakirakan mengalami angin kencang.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian Timur, Selat Makassar bagian Selatan dan Utara, Laut Sulawesi bagian Timur, dan Laut Banda.

BMKG mengimbau bidang pelayaran memperhatikan peringatan gelombang tinggi dalam mengedepankan keselamatan pelayaran.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga diimbau agar tetap waspada.

Baca juga: BMKG sebut tiga faktor kerusakan bangunan akibat gempa Banten

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022