Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (20/1) yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pagi ini, diantaranya kasus Omicron di Tanah Air bertambah, fenomena ekuiluks, dan puluhan ribu dosis vaksin AstraZeneca terancam kedaluwarsa.

Omicron di Indonesia capai 882 kasus, terbanyak asal Arab Saudi

Kementerian Kesehatan RI melaporkan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia mencapai total 882 kasus hingga Kamis pagi yang didominasi pasien dari kalangan pelaku perjalanan luar negeri asal Arab Saudi.

"Kasus Omicron yang dilaporkan sampai dengan hari ini berjumlah 882 kasus. Terdiri atas 710 pelaku perjalanan luar negeri, transmisi lokal 161 pasien dan belum diketahui 11 kasus," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

BRIN sebut tiga ibu kota-36 lokasi lain di Indonesia alami ekuiluks

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan tiga ibu kota dan 36 lokasi lain di lima provinsi di Indonesia mengalami ekuiluks pada tanggal tertentu di periode Januari-Februari 2022.

Ekuiluks adalah fenomena astronomis ketika panjang siang tepat sama dengan panjang malam yakni 12 jam. Kemendikbudristek paparkan alasan tetap jalankan PTM 100 persen

Direktur Sekolah Dasar Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Sri Wahyuningsih, memaparkan alasan pemerintah tetap menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang mulai diterapkan pada awal tahun ini.

Sri menilai penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang terlalu lama telah menimbulkan berbagai persoalan di bidang pendidikan, salah satunya penurunan kualitas atau mutu capaian pembelajaran.

Rokok disebut jadi faktor Indonesia duduki posisi 108 kekerdilan dunia

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan bahwa rokok menjadi salah satu faktor risiko penting yang menyebabkan Indonesia menduduki peringkat ke-108 negara dengan kekerdilan tertinggi di dunia.

“Indonesia menempati peringkat ke-108 dari 132 negara yang diurutkan berdasarkan prevalensi kekerdilan balita terendah hingga tertinggi. Ini satu kondisi yang perlu mendapatkan perhatian dari kita semua,” kata Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN, Muhammad Rizal M. Damanik dalam "Sosialisasi Pemahaman Hubungan Perilaku Merokok dan Stunting" yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Puluhan ribu dosis vaksin AstraZeneca di Sulteng terancam kedaluwarsa

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah memperkirakan puluhan ribu lebih dosis vaksin AstraZeneca akan kedaluwarsa, sehingga tidak akan digunakan.

Menurut Kepala Dinkes Provinsi Sulteng, dr. I Komang Adi Sujendra mengatakan, hingga saat ini masih tersisa 27 ribu dosis vaksin AstraZeneca, dari total sebelumnya 100 ribu dosis, hasil relokasi dari Provinsi Jawa Barat dan Yogyakarta.

BMKG sebut tiga faktor kerusakan bangunan akibat gempa Banten

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut tiga faktor kerusakan bangunan yang terjadi akibat gempa Banten bermagnitudo (M) 6,6 pada Jumat (14/1).

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan kerusakan terbanyak terdapat di Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, dari hasil pengamatan makroseismik dan pengukuran seismik di lapangan.

Papua diguncang gempa berkekuatan M 5,5

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,5 mengguncang wilayah Papua pada Kamis sekitar pukul 17.44 WIB, menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima di Jakarta.

Episentrum gempa berada di 69 km kilometer barat laut Jayapura, lokasi berada di 2,04 derajat Lintang Selatan dan 140,37 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Presiden: 301 juta dosis vaksin COVID-19 sudah disuntikkan ke rakyat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penanganan pandemi COVID-19 pada 2022 semakin terkendali dan pencapaian vaksinasi telah meningkat atau mencapai 301 juta dosis.

“Pencapaian vaksinasi juga terus meningkat. Sampai kemarin, sudah disuntikkan 301 juta vaksin kepada rakyat kita,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari unggahan akun resmi Instagram @jokowi di Jakarta, Kamis.



 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022