Tulang punggung ekonomi kita adalah UMKM dan Gernas BBI merupakan sebuah kepercayaan dan amanah yang harus kita kawal sebagai bentuk semangat bangga produk lokal
Jakarta (ANTARA) - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) telah mendorong sebanyak 9,2 juta UMKM untuk mulai masuk ke ekosistem digital (onboarding) sejak diluncurkan pada Mei 2020.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hingga akhir 2021, Gernas BBI telah menghasilkan 9,2 juta unit UMKM onboarding dan 17,2 juta UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital.

"Tulang punggung ekonomi kita adalah UMKM dan Gernas BBI merupakan sebuah kepercayaan dan amanah yang harus kita kawal sebagai bentuk semangat bangga produk lokal," katanya dalam Kick-off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Wisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI) di Jambi, Rabu, seperti dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta.

Dengan diadakannya acara ini, Luhut berharap Jambi dapat memberi kontribusi untuk mencapai target 30 juta UMKM onboarding pada 2023.

Luhut pun berpesan agar Jambi bisa menyiapkan produk unggulan untuk mendukung pariwisata berkualitas di provinsi tersebut. Menurutnya, Jambi punya banyak sejarah dan warisan budaya yang dapat diangkat bernilai tambah.

Mantan Menko Polhukam itu memastikan pemerintah akan terus melakukan monitoring dan evaluasi Gernas BBI.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mulai 2022 seluruh manajer kampanye akan bergerak dalam tiga tahapan di masing-masing daerah, yaitu pembukaan, pendampingan, dan harvesting (panen) UMKM atau laporan penjualan dan hasil pendampingan.

"Kita harus maju terus. Kita harus kerja konkret, tidak hanya omong-omong saya. Oleh karena itu, Gernas BBI membutuhkan kerja sama dari kita semua, bukannya hanya pemerintah pusat, tetapi juga pemerintah daerah," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan sekaligus Manajer Kampanye Gernas BBI Jambi Budi Karya Sumadi sepakat bahwa kesempatan ini juga menjadi kampanye kendaraan listrik supaya dapat digunakan secara masif.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah touring Jakarta-Jambi yang juga menghadirkan pembalap nasional Rifat Sungkar.

Kegiatan itu merupakan upaya pemerintah untuk menggencarkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, terlebih dengan akan diselenggarakannya G20 di 2022.

Baca juga: Luhut: Gernas BBI tampilkan kendaraan listrik dukung Presidensi G20
Baca juga: Gernas BBI, Kemenhub jadikan Bandara Sultan Thaha tempat promosi UMKM
Baca juga: Nadiem ajak Gernas BBI Aroma Maluku tercium sampai lintas benua

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022