Dari 10 provinsi di Sumatera ada 4 provinsi yang angka kemiskinan masih dua digit yaitu Provinsi Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung,
Kota Bengkulu (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa pada September 2021 terdapat 29.179 warga  miskin atau 14,43  persen dari jumlah penduduk yaitu berada di posisi kedua wilayah termiskin di Pulau Sumatera setelah Provinsi Aceh 15,53 persen warga miskin dari jumlah penduduk.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Win Rizal di Bengkulu, Senin mengatakan jika dibandingkan pada Maret 2021 turun sebesar 0,79 persen dari 15,22 persen.

Kemudian pada September 2020 turun sebesar 0,87 persen dari 15,30 persen masyarakat miskin di Provinsi Bengkulu.

"Dari 10 Provinsi di Sumatera ada 4 Provinsi yang angka kemiskinan masih dua digit yaitu Provinsi Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung," kata Rizal.

Rincian 14,43 persen jumlah masyarakat miskin di Bengkulu, sekitar 14,73 persen berasal dari wilayah perkotaan dan 14,28 persen dari pedesaan.

Dalam mengukur tingkat kemiskinan masyarakat di Provinsi Bengkulu, pihaknya menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar dari sisi ekonomi menurut garis kemiskinan makanan dan garis kemiskinan bukan makanan.

Kemudian, penduduk dikategorikan miskin jika memiliki rata-rata pengeluaran perkapita perbulan dibawah garis kemiskinan.

Lanjut Rizal, untuk di Provinsi Bengkulu per kapita sekitar Rp572 ribu perbulan dan per rumah tangga sekitar Rp2,4 juta perbulan.

"Sebenarnya penyebab tingginya angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu disebabkan karena COVID-19," ujarnya.

Akibat dampak COVID-19 banyak masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja, produktivitas perdagangan terganggu.

Serta Bengkulu merupakan wilayah yang masih berbasis pertanian, sehingga perekonomian di Bengkulu masih terbilang miskin.

"Bengkulu sudah harus mulai beralih ke sektor yang lebih modern seperti sektor industri dan perdagangan untuk memacu percepatan perekonomian di Bengkulu," terang Rizal.
Baca juga: 25.040 Siswa Miskin di Bengkulu Terima Beasiswa
Baca juga: Menkes puji program perlindungan kesehatan warga miskin di Bengkulu

Baca juga: Publikasi data kemiskinan di Aceh oleh BPS didukung Ombudsman

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022