Sidoarjo (ANTARA) - Sebanyak 111 prajurit dari 3 batalyon atau satuan Marinir ikuti lomba cross country sebagai salah satu materi yang diujikan dalam lomba pembinaan satuan (Binsat) Brigif 2 Marinir, di Sidoarjo, Jawa Timur.

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan dalam keterangan pers di Sidoarjo, Jumat mengatakan, dalam perlombaan ini setiap batalyon diwakili 37 prajurit.

"Sedangkan untuk pelaksanaan lomba, para prajurit tersebut harus membawa beban dengan total 10 kilogram," ujarnya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, kemampuan berlari dengan membawa beban yang cukup berat serta menempuh jarak yang cukup jauh, adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang Marinir.

"Salah satu materi yang diujikan dalam lomba pembinaan satuan (binsat) Brigif 2 Marinir yang dikemas dengan nama 'Lomba Cross Country' dilaksanakan di Lapangan Bhumi Marinir Gedangan Sidoarjo, Jawa Timur," ujarnya.

Ia mengatakan, seluruh peserta dengan mengenakan pakaian PDL, sepatu PDL, kopel, helm tempur, senjata laras panjang seberat 3 kilogram.

"Selain itu, peserta juga membawa serta pack/ransel yang diisi beban seberat 10 kilogram. Prajurit itu berlomba lari dengan menempuh jarak sejauh 8 kilometer," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan memberikan motivasi dengan mengajak prajurit Brigif 2 Marinir melaksanakan yel-yel dan lagu penyemangat yang dapat menumbuhkan semangat bertanding prajurit Brigif 2 Marinir.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung, Wakil Komandan Pasmar 2 Kolonel Marinir Purwanto Djoko Prasetyo, Wadan Brigif 2 Mar Letkol Marinir Argo Setiyono, para Perwira Staf dan Komandan Satlak, para Asisten Danpasmar 2, serta Perwira di jajaran Brigif 2 Marinir.

Baca juga: Kasal apresiasi kiprah Korps Marinir pada tahun 2021
Baca juga: Jaga kedaulatan maritim, 11 kapal diturunkan Operasi Lancang Kuning

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022