Bali sebagai daerah tujuan wisata dan kegiatan-kegiatan konferensi berskala nasional dan internasional menjadi salah satu contoh provinsi penggunaan kendaraan listrik,
Denpasar (ANTARA) - Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebagai persiapan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Saya berharap dengan peresmian PKSU di Bali, salah satunya SPKLU Rumah BUMN Sesetan tersebut akan membantu seluruh kegiatan KTT G20 di Nusa Dua," kata Wakil Menteri (Wamen) 1 BUMN, Pahala Nugraha di Kota Denpasar, Senin.

Ia mengatakan dengan kehadiran SPKLU ini mendorong masyarakat Bali secara bertahap untuk menggunakan kendaraan dengan daya listrik. Sebab pengunaan kendaraan elektrik ini akan secara perlahan mengurangi polusi udara. Karena kendaraan tersebut ramah lingkungan.

"Kehadiran SPKLU yang dibangun oleh PT PLN akan mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Selain itu juga menghemat dari segi pembiayaan warga yang menggunakan kendaraan tersebut," ujar Pahala Nugraha didampingi Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo.

Wakil Menteri Pahala Nugraha mengapresiasi Pemerintah Provinsi Bali sudah mengkampanyekan penggunaan kendaraan ramah lingkungan, yakni kendaraan listrik.

"Saya mengapresiasi Pemprov Bali sudah mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan. Sehingga Bali sebagai daerah tujuan wisata dan kegiatan-kegiatan konferensi berskala nasional dan internasional menjadi salah satu contoh provinsi penggunaan kendaraan listrik," ucapnya.

Sementara Dirut PT PLN Darmawan Prasodjo didampingi General Manager PLN UID Bali Wayan Udayana mengatakan pihaknya mendukung persiapan hingga kegiatan KTT G20 yang akan dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2022.

"Kami mendukung persiapan KTT G20, sehingga sukses kegiatan berskala nasional itu. Pada pelaksanaan KTT G20 di kawasan Nusa Dua dibangun juga puluhan SPKLU tempores. Sehingga pasokan daya listrik untuk kendaraan yang digunakan para delegasi KTT G20 tidak sampai kehabisan daya listrik tersebut," ujarnya.
Baca juga: Erick Thohir pastikan keandalan suplai listrik untuk KTT G20 di Bali
Baca juga: PLN sediakan SPKLU "ultra fast charging" untuk KTT G20 di Bali
Baca juga: Bali bersolek siapkan diri jadi lokasi utama G20

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021