Tentunya patroli digelar untuk memperketat protokol kesehatan, agar tidak terjadi lonjakan pandemi COVID-19.
Medan (ANTARA) - Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumatera Utara (Forkopimda Sumut) menggelar patroli berskala besar untuk memastikan keamanan pelaksanaan ibadah malam Natal 2021 di Kota Medan.

Patroli tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin serta turut hadir Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting saat acara pelepasan personel patroli, di Makodim 0201 Medan, Jumat.
 
Baskami mengatakan bahwa patroli yang dilakukan oleh tim gabungan ini sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang menjalankan ibadah Natal.
 
"Tentunya patroli yang digelar dalam upaya memperketat protokol kesehatan, agar tidak terjadi lonjakan pandemi COVID-19," katanya pula.
 
Kapolda Sumut mengatakan bahwa tim gabungan juga mengecek langsung gereja-gereja untuk memastikan protokol kesehatan selama ibadah tatap muka di gereja diterapkan secara ketat.
 
Para personel gabungan juga mengecek lokasi yang menjadi objek keramaian selama perayaan Natal, di antaranya gereja, pusat perbelanjaan, lokasi wisata serta titik keramaian lainnya.
 
"Karena kami patroli ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan memastikan gereja-gereja serta mal-mal dalam kondisi aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Kapolda.
 
Terlepas dari deretan upaya yang dilakukan tersebut, masyarakat diharapkan dapat mengurai mobilitas selama perayaan Natal demi menghentikan penyebaran COVID-19.
 
"Kami imbau meminimalisir mobilitas. Kalau tidak ada kegiatan tidak terlalu penting, lebih baik di rumah saja," katanya lagi.
Baca juga: 2.471 napi di Sumut dapat remisi Hari Natal 2021
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021