Surabaya (ANTARA News) - Sekitar 30 mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember belajar mengenali sejarah Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dengan mengunjungi Kantor ANTARA Biro Jawa Timur, Jalan Kombes M. Duriyat, Surabaya, Selasa.

"Kami ingin tahu apa dan bagaimana sejarah maupun cara kerja LKBN ANTARA. Selama ini, kami hanya mendengarnya saja, sekarang inilah bisa tahu semuanya," ujar salah seorang mahasiswa, Andre Sukoco, di sela-sela kunjungannya.

Selama hampir dua jam, mahasiswa diberi penjelasan langsung oleh Kepala Biro ANTARA Jawa Timur, H. Akhmad Munir dengan didampingi Pemimpin Redaksi Antarajatim.com, Hj Farochah. Mereka juga diajak mengunjungi kantor redaksi dan melihat langsung cara dan proses pembuatan berita.

"Ternyata gampang - gampang susah ya? Tapi dari kunjungan ini kami bisa mengerti cara kerja wartawan, redaktur, dan semua yang terlibat dalam proses pemberitaan," tukas mahasiswa semester IV tersebut.

Sementara itu, dosen pembimbing Jurusan Ilmu Komunikasi, Djuariyah, mengatakan, kedatangannya ke Kantor Biro LKBN ANTARA Jawa Timur dalam rangka praktikum "outdorr" atau praktik lapangan untuk melihat bagaimana cara sebuah media massa bekerja.

"Salah satunya kami belajar dari LKBN ANTARA. Para mahasiswa ingin tahu dan melihat bagaimana cara pengelolaan media massa, apalagi dalam beberapa mata kuliah juga ada. Nah, kalau di kampus itu kebanyakan teori, kunjungan ini praktiknya," katanya.

Dosen berjilbab tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran redaksi dan karyawan lainnya karena telah diterima dan diberi kesempatan berkunjung melihat secara langsung proses pembuatan berita.

"Mudah-mudahan apa yang kami dapatkan selama praktikum ini berguna dan menjadi pengalaman berharga bagi para mahasiswa," tuturnya.

Senada dengan itu, Kepala Biro LKBN ANTARA Jatim, H. Akhmad Munir, mengatakan dengan kunjungan itu berarti LKBN ANTARA sudah dikenal dan mendapat hati di masyarakat luas.

"Terima kasih juga kami ucapkan kepada mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Unmuh Jember yang sudah jauh - jauh datang ke Surabaya untuk berkunjung dan belajar bersama. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bekal dalam pendidikan," ucapnya.

Dalam dialog, sebagian mahasiswa menanyakan perbedaan kantor berita dengan media massa pada umumnya dan netralitas ANTARA terhadap pemerintah. "ANTARA itu bukan milik pemerintah, tapi milik negara, karena itu kami juga mengkritik pemerintah, tapi kami menggunakan cara-cara yang santun," kata Kepala Biro LKBN ANTARA Jatim itu.

Sebelumnya (21/5), sebanyak 11 mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya juga mengunjungi Kantor Biro LKBN ANTARA Jatim. Mereka juga banyak bertanya tentang proses perencanaan pemberitaan dari lapangan hingga ke tangan redaktur LKBN ANTARA Biro Jatim.(*)

(L.KR-MSW*E011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011