pelaksanaan vaksinasi selanjutnya akan dijadwalkan oleh masing-masing sekolah atau dengan mendatangi faskes terdekat
Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali mulai melakukan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun dengan target 5.000 orang guna mengantisipasi penularan virus corona .

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan vaksinasi dilaksanakan di 11 titik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami harapkan vaksinasi anak umur 6-11 tahun berjalan lancar mengingat kasus COVID-19 di Denpasar semakin hari sudah semakin menurun," ujar Jaya Negara di Denpasar, Rabu.

Adapun target yang harus divaksin sebanyak 63.594 orang yang tersebar sekolah negeri dan swasta serta madrasah ibtidaiyah di Kota Denpasar.

"Kami akan targetkan vaksinasi COVID-19 anak 6-11 tahun bisa secepatnya terselesaikan, sehingga harapan kami anak-anak imunnya kuat dan sekolah aktivitas bisa berjalan normal kembali," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. Luh Putu Sri Armini mengatakan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ia menjelaskan vaksinasi dengan target 63.594 anak usia 6 hingga 11 tahun secara serentak dilakukan mulai hari ini.

Vaksinasi akan didahului oleh skrining bagi penerima vaksin yang dilakukan oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar.

"Vaksinasi ini dilakukan dengan dosis sebanyak dua kali, dengan jarak waktu 28 hari untuk dosis kedua, menggunakan vaksin jenis Sinovac," ucapnya.

Dikatakan, untuk waktu pelaksanaan vaksinasi selanjutnya akan dijadwalkan oleh masing-masing sekolah atau dengan mendatangi faskes terdekat.

"Upaya ini untuk menciptakan kekebalan komunitas, terlebih pembelajaran tatap muka sudah berjalan, dan vaksinasi ini juga untuk mencegah masyarakat terpapar COVID-19. Namun setelah vaksin, kami tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan prokes dalam beraktifitas, terutama saat beraktifitas di luar rumah," katanya.

Seorang Kepala Sekolah Dasar Widya Sakti Denpasar, Wayan Kantra mengatakan pihaknya sangat apresiasi dengan gerak cepat yang dilaksanakan Pemkot Denpasar. Dengan pelaksanaan vaksinasi anak umur 6-11 tahun berharap sekolah akan kembali normal.

Ia mengatakan di SD Widya Sakti vaksinasi COVID-19 dilaksanakan sehari dengan target 90 anak dari kelas 1 hingga kelas 5.

"Kami dan juga orang tua mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi, sehingga ke depan sekolah bisa kembali normal dan berdampak langsung pada perekonomian dan kehidupan masyarakat, " ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Bunda Paud Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai serta OPD terkait lainnya.
Baca juga: Kasus COVID-19 di Denpasar nihil
Baca juga: Tim Yustisi Denpasar gencar pantau masyarakat terapkan prokes
Baca juga: K3S Denpasar terima bantuan kursi roda dari Komunitas Warga Vietnam

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021