Jakarta (ANTARA) - Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi kinerja Korps Lalu Lintas (Korlantas) dalam hal pelayanan berbasis IT atau digital

"Kapolri mengapresiasi langkah Korlantas yang meningkatkan pelayanan berbasis digital," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan itu, jenderal polisi bintang tiga tersebut juga membahas mengenai pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) berbasis digital, salah satunya pelayanan pajak kendaraan bermotor berbasis online.

"Sekarang rekan-rekan mungkin sudah paham yaitu Sim nasional atau Signal (Samsat Digital Nasional)," kata Agung.

Dengan adanya kebijakan itu, Agung mengatakan tidak akan ada penyimpangan perilaku koruptif terkait pembayaran pajak kendaraan bermotor. Hal tersebut lantaran sistem pembayarannya sudah transparan.

"Ini penting, karena secara internal Polri dapat meminimalkan terjadinya penyimpangan," ujarnya.

Selain itu, secara pelayanan masyarakat yang tadinya langsung membayar kepada petugas kini tidak perlu lagi karena bisa melalui perbankan atau melalui digital.

"Inovasi anyar dari Korlantas Polri ini hampir 95 persen sudah bisa dinikmati di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, beberapa waktu terakhir juga telah diluncurkan samsat digital nasional yang saat ini sudah 29 provinsi terintegrasi. Bahkan, empat provinsi dalam waktu dekat juga akan terintegrasi.

Baca juga: MAKI undang Firli Bahuri hadiri pelantikan eks KPK di Mabes Polri
Baca juga: Bamsoet apresiasi Polri jadi lembaga yang dipercaya publik

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021