Pemkot Cirebon lakukan penyekatan pada perayaan Natal dan Tahun Baru

Pemkot Cirebon lakukan penyekatan pada perayaan Natal dan Tahun Baru

Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi saat memberi keterangan kepada media di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (1/11/2021). ANTARA/Khaerul Izan

Cirebon (ANTARA) - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, akan melakukan penyekatan di pintu masuk daerah tersebut saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, dalam rangka mengedukasi warga yang bepergian.

"Kita melakukan penyekatan yang sifatnya edukasi kepada masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Selasa.

Agus mengatakan penyekatan dilakukan di beberapa pintu masuk ke Kota Cirebon, namun nantinya hanya kendaraan luar daerah berpelat nomor polisi selain E yang akan diperiksa.

Pemeriksaannya sendiri kata Agus, yaitu meliputi kartu vaksinasi dan juga tes antigen secara acak bagi pengendara dari luar daerah.

"Kami akan melakukan sampling vaksin dan pemeriksaan antigen, bagi warga luar daerah terutama yang menggunakan kendaraan berpelat nomor selain E," tuturnya.

Selain itu kata Agus, Pemkot Cirebon akan melakukan pembatasan kegiatan masyarakat terutama pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022, hal ini untuk meminimalkan potensi penyebaran COVID-19.

Pemerintah Pusat ujar Agus, tidak jadi menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 secara keseluruhan, namun mengikuti PPKM yang saat ini sedang berlaku di masing-masing daerah.

"Kita lakukan pembatasan sebagai bagian dari antisipasi menghadapi potensi meningkatnya kembali COVID-19 setelah libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

"Kami juga akan melakukan sosialisasi bahwa pemerintah tidak jadi menerapkan PPKM level 3 di semua wilayah," kata Agus.
Baca juga: Pemkot Cirebon segera lakukan tes usap massal di 30 sekolah
Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Kota Cirebon tembus 90 persen
Baca juga: Pengguna tol di Cirebon antusias ikuti vaksinasi di tempat istirahat
Pewarta : Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021