Bandung (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan pesan khusus untuk Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yakni sebagai pemimpin muda harus terus membangun kapasitas dengan menunjukkan konsistensi dan menghasilkan kebijakan yang sesuai harapan masyarakat.

“(Pesan) Saya kira membangun kapasitas integritas. Saya kira itu memang sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X seusai jamuan makan siang di Ayam Goreng Nikmat Panaitan, Kota Bandung, Selasa.

Menurut Suktan, karena di situ dibutuhkan konsistensi dan pola pikir yang mendekati harapan warga, masyarakat secara umum.

Sri Sultan Hamengku Buwono X menambahkan, jika Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil dapat menunjukkan konsistensi sekaligus keberpihakan pada masyarakat dalam memimpin, maka akan menumbuhkan kepercayaan.

Baca juga: Ridwan Kamil jadi "sopir" untuk Sri Sultan HB X di Bandung

Baca juga: Sultan-Kang Emil sepakat lupakan "masa lalu" untuk persatuan bangsa


“Asal itu bisa ditepati, otomatis yang dibangun pasti akuntabilitas, sudah itu saja,” katanya.

Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengunjungi Kota Bandung untuk menghadiri Gempita Budaya di Gedung Sate, Kota Bandung.

Gempita Budaya merupakan rangkaian muhibah budaya antara Pemda Provinsi Jabar dan Pemda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pekan lalu, Kang Emil memimpin gelaran Pesona Budaya Jabar di Yogyakarta. Melalui kerja sama tersebut, Jabar-Yogyakarta membangun relasi budaya dan bersama-sama mempromosikan potensi pariwisata.*

Baca juga: Sultan HB X dorong penguatan desa mandiri budaya

Baca juga: Sultan: MK telah mewujudkan harapan daerah dan rakyat

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021