Menparekraf RI apresiasi capaian vaksinasi COVID-19 di Manggarai Barat

Menparekraf RI apresiasi capaian vaksinasi COVID-19 di Manggarai Barat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat memantau pelaksanaan vaksinasi pada Sentra Vaksinasi Antis di SMAK St Ignatius Loyola Labuan Bajo, Kamis (2/12/2021). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka.

Labuan Bajo (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur atas keberhasilannya merealisasikan vaksinasi dosis satu COVID-19 yang sudah mencapai 76,5 persen.

"Kita mengapresiasi Kabupaten Manggarai Barat karena bisa mencapai target di atas rata-rata untuk dosis pertama, yakni 76,5 persen," kata Sandiaga di Labuan Bajo, Kamis.

Saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Antis Labuan Bajo, Sandiaga meminta pemerintah daerah untuk melakukan strategi baru berkaitan dengan capaian vaksinasi tersebut.

Salah satunya berupaya agar capaian vaksinasi remaja di Manggarai Barat bisa terus digenjot karena para remaja telah melaksanakan pembelajaran tatap muka. Sebagaimana diketahui, capaian vaksinasi COVID-19 dosis satu bagi remaja di Manggarai Barat baru mencapai 59,2 persen dan dosis dua sebesar 32,4 persen per 1 Desember 2021.

Pada kesempatan itu, Sandiaga mengajak semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah untuk bekerja sama membangkitkan sektor ekonomi di Manggarai Barat.

Dia meminta Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi untuk memastikan masyarakat telah menerima bantuan sesuai kebutuhan mereka agar program pemulihan ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan baik.

Sandiaga sendiri juga telah memberikan tugas kepada Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) agar mengoordinasikan pembukaan kembali destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif untuk kesejahteraan masyarakat di Labuan Bajo khususnya dan Manggarai Barat umumnya.

Dia berharap pariwisata Labuan Bajo bisa segera  bangkit kembali dan bergairah, serta pulihnya ekonomi agar masyarakat kembali mendapatkan penghasilan dengan terbukanya lapangan kerja.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menerima layanan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk memantau pelaksanaan vaksinasi pada Sentra Vaksinasi Antis di SMAK St Ignatius Loyola Labuan Bajo, Kamis (2/12/2021) ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

Sementara itu Wakil Menteri Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Budie Arie Setiadi yang turut hadir pada sentra vaksinasi juga memberikan apresiasi atas upaya dan kerja keras pemerintah.

Menurut dia, pelayanan vaksinasi akan diselesaikan dengan baik apabila ada kerja sama antar semua elemen, baik pemerintah, TNI, Polri, kementerian/lembaga, dan masyarakat.

"Semoga pelaksanaan vaksinasi dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Rakyat sehat, negara kuat," tegasnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Manggarai Barat per 1 Desember 2021, capaian vaksinasi COVID-19 dosis satu di Manggarai Barat sebesar 76,5 persen atau telah menyasar 155.094 jiwa dari target sasaran vaksinasi sebanyak 202.827 jiwa.

Sementara itu capaian vaksinasi dosis dua sebesar 35,4 persen atau menyasar 71.857 jiwa dari target sasaran vaksinasi 155.094 jiwa.

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Baca juga: Menparekraf dorong kolaborasi dengan UT tingkatkan sektor pariwisata
Baca juga: Percepat pengembangan DPSP, Kemenparekraf fokus berdayakan masyarakat
Baca juga: Sandiaga Uno sebut API 2021 bangkitkan pariwisata di Tanah Air
Pewarta : Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021