Pemkab Tangerang tata ulang pemakaman pasien COVID-19

Pemkab Tangerang tata ulang pemakaman pasien COVID-19

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid (kelima kiri) didampingi para staf mengecek pemakaman pasien COVID-19 di TPU Buniayu, Kabupaten Tangerang, Banten. ANTARA/HO

Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tangerang kembali menata ulang fasilitas penunjang tempat pemakaman khusus pasien COVID-19 di TPU Buniayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Sesuai instruksi dari Pak Bupati Tangerang, kita akan melakukan pembaruan fasilitas pemakaman khusus COVID-19, yaitu di TPU Buniayu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, dalam penataan dan pembaharuan fasilitas tersebut dilakukan secara bertahap diawali pembangunan akses jalan. Kemudian rehabilitasi tempat petugas pemakaman, mushala serta penerangan lingkungan tempat pemakaman.

"Kita akan alokasikan anggarannya untuk keberadaan TPU Buniayu ini, supaya nanti kelihatanya lebih indah dan tertata agar para peziarah juga dapat nyaman ketika berkunjung ke TPU," katanya.

Selain melakukan penataan ulang, pihaknya juga berencana membangun taman mini di lingkungan pemakaman tersebut guna menambah kesan indah dan nyaman bagi para pengunjung yang datang.

"Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup nanti menata taman juga supaya nanti kesannya lebih indah dan nyaman," ujarnya.

Baca juga: TNI kerahkan 140 nakes bantu percepatan vaksinasi di Tangerang
Baca juga: 59.157 pelajar di Kabupaten Tangerang telah divaksin COVID-19


Di samping itu, wilayah Kabupaten Tangerang saat ini terjadi penurunan kasus penyebaran COVID-19 sehingga jumlah kematian pun akibat virus corona tersebut tidak ditemukan lagi.

Namun, ia kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak lengah menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Diharapkan masyarakat tidak lengah terkait adanya penurunan kasus saat ini, masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.

Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pemakaman Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah menambahkan sampai saat ini petugas pemakaman TPU Buniayu sudah memakamkan 1.521 orang dan mencapai puncaknya di Juni sampai Juli 2021. Saat itu banyak yang dimakamkan karena terpapar virus corona.

"Penataan TPU Buniayu mulai dari pelebaran jalan, penerangan jalan umum dan tiga unit mobil jenazah untuk mendukung operasional pemakaman," kata dia.
Pewarta : Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021