Hingga akhir November 2021 ini, sudah ada 1.917.949 orang yang mendapatkan vaksin dosis pertama atau sebesar 98,24 persen dari total sasaran.
Bandung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Bandung berupaya menyisir 1,76 persen warga yang belum mendapat vaksin COVID-19 dari 1.952.358 orang yang menjadi sasaran vaksinasi di Ibu Kota Jawa Barat itu.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Rosye Arosdiani mengatakan penyisiran itu dilakukan untuk mempercepat pemenuhan target 100 persen.

"Hingga akhir November 2021 ini, sudah ada 1.917.949 orang yang mendapatkan vaksin dosis pertama atau sebesar 98,24 persen dari total sasaran," kata Rosye di Bandung, Selasa.

Baca juga: DKI siapkan sekolah untuk vaksinasi COVID anak usia 6-11 tahun

Menurut Rosye, ada berbagai faktor yang menyebabkan 1,76 persen warga itu belum mendapat vaksin. Mulai dari kurangnya sosialisasi tentang sentra vaksinasi, hingga perpindahan domisili.

"Jadi misalnya yang sebelumnya dari kota mana, pindah ke Kota Bandung, lalu belum mengetahui tempat vaksinasi, atau yang dosis pertamanya di kota asal, ingin ikut vaksin dosis keduanya di Bandung belum tahu tempat," kata Rosye.

Untuk itu, menurutnya upaya penyisiran merupakan strategi Dinkes Kota Bandung guna menuntaskan sisa warga yang belum mendapatkan vaksin. Salah satunya, Dinkes menyiapkan sejumlah sentra vaksinasi baru.

"Kami buat sentra vaksinasi di Dewi Sartika, di Masjid Salman, Masjid Pusdai, jadi itu titik-titik baru selain di Puskesmas setempat," katanya.

Baca juga: WHO sebut vaksin masih penting untuk lawan Omicron

Selain itu, menurutnya tingkat vaksinasi terhadap kelompok lanjut usia (lansia) di Kota Bandung pun menjadi sorotan Dinkes, karena lansia tetap merupakan kelompok yang rawan meski tingkat vaksinasinya sudah mencapai 77 persen.

"Mudah-mudahan warga Kota Bandung tidak usah bingung harus ke mana untuk mencari vaksin, ini karena kami tidak henti untuk bisa mencapai 100 persen vaksinasi," kata Rosye.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021