Tim SAR gabungan evakuasi pria terjun ke jurang

Tim SAR gabungan evakuasi pria terjun ke jurang

Proses evakuasi korban oleh petugas gabungan SAR di lokasi kejadian, Selasa (30/11). ANTARA/HO-Basarnas Padang

Padang (ANTARA) - Tim gabungan SAR mengevakuasi seorang pria yang dari jurang dengan kedalaman sekitar 30 meter di kawasan Kelok Jariang, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa sekitar pukul 10.10 WIB.

Diketahui pria bernama Tengku Iskandar (44 tahun) itu nekad terjun ke dalam jurang untuk melakukan bunuh diri karena depresi atas penyakitnya pada Senin (29/11) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Alhamdulillah pencarian yang dilakukan oleh tim gabungan membuahkan hasil, korban ditemukan di jurang dengan kedalaman sekitar 30 meter," kata Kepala Kepolisian Sektor Bungus Teluk Kabung AKP Zamzami, di Padang, Selasa.

Ia mengatakan pencarian melibatkan petugas gabungan baik dari kepolisian, Basarnas, BPBD Padang, TNI, dan kelompok siaga bencana.

Korban ditemukan oleh petugas dalam keadaan hidup, namun mengalami luka berat sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Baca juga: Tim SAR temukan bocah hanyut dalam kondisi meninggal dunia

Baca juga: BPBD Padang evakuasi ratusan warga dari sejumlah lokasi banjir


AKP Zamzami mengatakan bahwa korban pada Senin berkendara dengan sepeda motor dari Kabupaten Pesisir Selatan menuju Padang. Sesampainya di Kelok Jariang, ia memarkirkan sepeda motornya begitu saja di pinggir jalan, kemudian melompat ke jurang.

Namun sebelum melompat ke jurang korban sempat menghubungi isterinya, serta mengirimkan lokasi terakhir melalui gawai (smartphone).

"Setelah itu isterinya kembali menelepon namun tidak diangkat, sehingga sang isteri langsung melapor ke kepolisian," terang Zamzami.

Mendapatkan laporan tersebut pihak kepolisian langsung berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pencarian serta evakuasi korban.

Petugas gabungan sempat melakukan pencarian pada Senin (29/11) dari pukul 17.00 WIB hingga sekitar pukul 23.00 WIB namun belum membuahkan hasil sehingga pencarian dilanjutkan pada Selasa.

Baca juga: Basarnas berhasil evakuasi korban cedera pendaki Kerinci

Baca juga: Proses evakuasi diupayakan SAR untuk pendaki di Gunung Marapi

 
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021