Tentu ini sekaligus menjadi kekuatan baru buat kita untuk membangun SDM kita, membangun kebugaran masyarakat dan sekaligus menuju prestasi olahraga yang semakin bagus
Manado (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Perpres nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional harus disosialisasikan ke berbagai daerah.

"Karena ada tugas-tugas dari pemerintah daerah baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten dan kota tentang implementasi DBON tersebut. DBON ini mencakup hulu urusan kebugaran masyarakat sampai ke hilirnya prestasi," kata Menpora Amali saat jumpa pers usai membuka Sosialisasi DBON #cetakjuara di Manado, Sulawesi Utara, Rabu.

Ia mengatakan selama ini olahraga Indonesia belum terdesain dengan baik, maka Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Kemenpora untuk mereview total tentang ekosistem pembinaan olahraga nasional.

Baca juga: Menpora jalin silaturahmi dan kenalkan DBON ke ISORI Sulawesi Utara

"Jadi yang mengawali ini adalah Bapak Presiden pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 tahun 2020 hingga lahirnya Perpres 86 tentang DBON ini," kata Menpora Amali.

Menpora memohon dukungan semua pihak termasuk media agar Perpres 86 tentang DBON ini bisa tersosialisasi merata sampai ke tingkat masyarakat.

"Tentu ini sekaligus menjadi kekuatan baru buat kita untuk membangun SDM kita, membangun kebugaran masyarakat dan sekaligus menuju prestasi olahraga yang semakin bagus," katanya.

Ia mengatakan Sulut menjadi salah satu tempat sosialisasi DBON karena dianggap memiliki potensi besar baik untuk olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, industri olahraga, wisata olahraga.

"Saya sudah bertemu dengan Bapak Gubernur, bahwa akan ada kegiatan-kegiatan olahraga baik nasional dan internasional yang bisa diselenggarakan di Sulut," katanya.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O. E Kandouw merespon dengan positif dan bangga terkait roadmap Menpora Amali yang dinilai sesuai dengan upaya Pemprov Sulut menciptakan SDM unggul.

Baca juga: Isori dukung DBON dengan cara sertifikasi tenaga olahraga di Indonesia

"Pemprov Sulut dalam hal ini Bapak Gubernur merespon dengan baik roadmap olahraga yang dicanangkan oleh Bapak Menpora, bak gayung bersambut dengan upaya ikhtiar kita menciptakan masyarakat yang beriman, SDM pendidikannya mantap dan fisiknya bagus," katanya.

Ia menambahkan, dengan DBON ini tentu saja memperjelas rambu-rambu tahapan-tahapan untuk mencapai arahan tujuan itu.

"Kami Pemprov Sulut merasa senang, salut dan apresiasi dengan langkah konkret yang dicanangkan oleh Menpora dengan DBON ini," katanya.

Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Deitje Adolfien Katuuk, menyampaikan Unima siap menjadi mitra pemerintah dalam mendukung dan mensukseskan DBON baik dalam rangka olahraga prestasi, olahraga pendidikan dan olahraga rekreasi.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Menpora yang menunjuk kami sebagai pelaksana dan kami siap menunjang implementasi dari DBON dengan SDM yang ada di Unima," katanya.

Ia menambahkan akan bersama-sama dan bekerja bersama dalam rangka menunjang program yang akan diwujudkan dalam DBON.

Baca juga: Menpora: Jabar jadi yang utama dalam Desain Besar Olahraga Nasional

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021