Jakarta (ANTARA) - Petugas pemberantasan sarang nyamuk (PSN) masih menemukan jentik nyamuk dalam kegiatan PSN di RT 015/RW 03, Kecamatan Ciracas Jakarta Timur.

Camat Ciracas, Mamad, di Jakarta, Jumat, mengatakan, kegiatan PSN tersebut rutin dilakukan terutama saat musim hujan, untuk mencegah timbulnya penyakit demam berdarah dengue (DBD). "Biasanya ditemukan jentik nyamuk," katanya.

Menurut Mamad, kegiatan PSN pada Jumat hari ini diadakan di RT 015/RW 03 Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, dan hasilnya masih ditemukan satu jentik nyamuk di rumah warga, dan ditemukan sembilan jentik nyamuk di 16 RT di seluruh Kecamatan Ciracas.

Baca juga: Kasus demam berdarah di Jakarta menurun

Mamad menambahkan, kegiatan PSN ini diawasi oleh petugas dari Puskesmas Kelurahan Ciracas, yang dilaksanakan pengurus LMK, RT/RW, FKDM, dan Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

Dari kegiatan itu, Mamad juga meminta agar para Kader Jumantik mengoptimalkan aksi PSN. Mamad juga meminta warga rutin melakukan Jumantik Mandiri di rumah masing-masing.

Tak hanya itu, Mamad juga mengimbau seluruh warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta meningkatkan PSN.

Mamad juga mengingatkan, warganya untuk selalu menerapkan 3M Plus yaitu menguras bak air, menutup tempat penampungan dan mendaur ulang barang bekas, plus pencegahan penularan DBD lainnya.

"Selain PSN, dilakukan juga sosialisasi tentang DBD, penyuluhan kesehatan, dan target vaksinasi COVID-19 di Ciracas," ujar Mamad.

Baca juga: Dua bulan, terjadi 165 kasus DBD di Jakarta Selatan
Baca juga: Jakarta Selatan hadirkan layanan adminduk di kegiatan PSN

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021