Jayapura (ANTARA) - Atlet asal Sumatera Utara Tambi Sibarani berhasil memecahkan rekor nasional angkat berat kelas putra 80kg pada Peparnas Papua di Ballroom Suni Garden Lake Resort dan Hotel, Jayapura, Jumat.
 
Turun di kelas 80kg putra, Tambi Sibarani berhasil melakukan angkatan seberat 168kg dan memecahkan rekor nasional sebelumnya atas nama Andriansyah asal Riau yang berhasil mengangkat beban seberat 163kg saat Peparnas Jawa Barat 2016 lalu.
 
Selain berhasil memecahkan rekor, Tambi juga berhasil menyabet medali emas setelah mengumpulkan 168 poin dari tiga kesempatan melakukan angkatan.
 
Tambi berhasil mengangkat beban seberat 168kg pada kesempatan pertama, namun selanjutnya gagal melakukan angkatan pada kesempatan kedua dan ketiga ketika mencoba beban seberat 175kg dan 176kg.

Baca juga: Jadwal angkat berat Peparnas Jumat - empat kelas dipertandingkan
 
Di tempat kedua, atlet asal Jawa Barat Tarmidi berhasil menyabet medali perak dengan keberhasilan mengumpulkan total 165 poin.
 
Dia berhasil mengangkat beban seberat 165kg pada kesempatan pertama lalu gagal di kesempatan kedua dan ketiga ketika mencoba mengangkat beban seberat 175kg serta 176kg.
 
Selanjutnya medali perunggu berhasil didapat atlet Papua Suratno yang mengumpulkan total 145 poin dari tiga kesempatan angkatan.
 
Ia berhasil mengangkat beban seberat 138kg di kesempatan pertama, di kesempatan kedua ia kembali berhasil mengangkat beban seberat 145kg dan gagal ketika mencoba mengangkat beban seberat 166kg pada kesempatan ketiga.
 
Gelaran angkat berat Peparnas Papua masih menyisakan satu hari lagi penyelenggaraannya pada Sabtu (13/11) setelah mulai digelar pada Senin (8/11) lalu.
 
Secara keseluruhan akan ada 20 nomor yang dipertandingkan dari kategori putra dan putri dengan total medali yang diperebutkan adalah 20 emas, 20 perak dan 20 perunggu di cabang olahraga angkat berat Peparnas Papua XVI.

Baca juga: Untung Subagyo raih emas DIY di angkat berat kelas putra 65kg Peparnas
Baca juga: Rani Puji Astuti raih medali emas angkat berat putri 61kg Peparnas
Baca juga: Ahmad Hidayat sumbang medali emas untuk Jabar di angkat berat Peparnas

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021