Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan juara umum Anugerah Media Humas 2021 yang diselenggarakan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bako Humas) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

"Ini adalah hasil kerja bersama seluruh jajaran humas di Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta," kata Kepala Bidang Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta, Nuruning Septarida di Jakarta, Jumat.

Ada empat kategori media yang dilombakan yaitu, Komunikasi Publik, Siaran Pers, Website, dan Media Sosial, dengan tema "Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional".

Pada lomba tersebut, Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan terbaik I Komunikasi Publik, terbaik I Siaran Pers, terbaik I Website, dan terbaik II Media Sosial.

Menurut Nuruning, penghargaan ini menjadi bukti bahwa selama pandemi COVID-19 tidak menyurutkan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam mengkomunikasikan kebijakan dan informasi kepada masyarakat.

Penghargaan Anugerah Media Humas 2021, diserahkan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo RI, Usman Kansong kepada para pemenang, di Nusa Dua, Bali, Kamis (4/11).

Menurut Usman Kansong, ajang ini merupakan penghargaan atas prestasi hasil karya humas pemerintah, sekaligus memberikan ruang dan peluang bagi peningkatan kualitas kinerja humas pemerintah.

Baca juga: Kominfo serahkan Anugerah Media Humas 2021

Tugas dan fungsi humas pemerintah adalah kepanjangan tangan dari pemerintah untuk mengkomunikasikan berbagai informasi terkait kebijakan, aturan, dan program yang ditetapkan, sehingga masyarakat dapat tergerak untuk menerapkannya dalam aktivitas keseharian.

"Kami berharap dapat memperkuat peran humas pemerintah dalam melakukan diseminasi informasi terkait program penanganan pandemi COVID-19. Selamat kepada para pemenang dan semoga prestasi ini dapat dipertahankan. Kinerja humas pemerintah harus terus ditingkatkan," ujar Usman.

Setiap kategori dalam lomba ini dinilai oleh juri yaitu, Emilia Bassar, Founder dan CEO CPROCOM selaku juri kategori Komunikasi Publik; Alfito Deannova, Pemimpin Redaksi detik.com selaku juri kategori Siaran Pers (media daring).

Kemudian, Wicaksono ‘Ndoro Kakung’, praktisi media sosial selaku juri kategori Media Sosial, serta Metta Dharmasaputra, Co-Founder dan CEO Katadata selaku juri kategori Website.

Baca juga: Menkominfo: Pandemi pacu humas pemerintah adaptasi kebiasaan baru
Baca juga: Jakarta sabet sembilan penghargaan dalam ajang PRIA

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021