Ada sembilan UIN yang sudah kita perjuangkan. Sekarang kita ajukan lagi beberapa kampus
Pontianak (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan siap memperjuangkan Institut Agama Islam Swasta (IAIS) Muhammad Syafiuddin Sambas menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) sesuai aspirasi jajaran akademika perguruan tinggi tersebut.

"Tadi kami menerima aspirasi dari IAIS Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas melalui Ketua DPRD Sambas, dan insya Allah siap kami perjuangkan," kata LaNyalla di Pontianak, Kamis.

Pada kesempatan itu, LaNyalla didampingi sejumlah senator di antaranya Bustami Zainuddin (Lampung), Sukiryanto dan Erlinawati (Kalbar), Andi Muhammad Ihsan (Sulsel) dan Fachrul Razi (Aceh).

Baca juga: Ketua DPD RI apresiasi pengabdian bidan Eros untuk suku Baduy

Sejauh ini, LaNyalla melanjutkan, sudah banyak kampus swasta yang ia perjuangkan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

"Ada sembilan UIN yang sudah kita perjuangkan. Sekarang kita ajukan lagi beberapa kampus. Mudah-mudahan bisa selesai tahun ini atau paling lambat tahun depan. Untuk IAIS sudah kita terima aspirasinya dan akan kita teruskan," tuturnya.

Senator asal Jawa Timur itu melanjutkan, sebagai wakil daerah sudah menjadi tugasnya menerima aspirasi dari daerah.

Baca juga: DPD RI dorong pemerintah persiapkan teknis keberangkatan jamaah umrah

"Di Kalbar ada empat orang Senator dan sudah ada kantor perwakilannya. Kalau ada aspirasi silahkan sampaikan. Tugas kami adalah mengawasi dan menyampaikan aspirasi," paparnya.

LaNyalla meminta doa agar selalu tegak lurus dalam menerima dan menjalankan amanah. Sebab ke depan, ada banyak persoalan bangsa yang mesti dibenahi, utamanya melalui agenda besar Amandemen ke-5 Konstitusi.

Dalam makan malam, Gubernur Kalbar, Sutarmidji menceritakan banyak hal kepada LaNyalla, dari penanganan COVID-19 hingga alokasi dana perimbangan dari pusat.

Kendati begitu, ia mengucapkan terima kasih kepada LaNyalla dan seluruh jajaran DPD RI, terkhusus asal Kalbar, yang telah berbuat banyak untuk provinsi yang dipimpinnya itu.

"Jadi, saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasi dan perjuangan aspirasi yang sudah dilakukan. Ke depan, saya harap kolaborasi ini dapat terus terjalin sehingga cita-cita kita bersama membangun dan menyejahterakan daerah itu dapat segera terwujud," katanya.

Baca juga: LaNyalla ajak warga PSHT teladani semangat dan nilai sejarah pendirian

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021