... semua menunjukkan bahwa kalian telah melaksanakan tugas secara profesional secara baik...
Timika (ANTARA) - Panglima TNI, Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto, memuji kinerja para prajurit TNI dan Polri yang telah bekerja keras mengamankan perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua baru-baru ini.

"Baru saja kita melaksanakan perhelatan akbar PON XX Papua, dimana pelaksanaannya sudah berjalan tertib, aman, dan sukses. Itu semua menunjukkan bahwa kalian telah melaksanakan tugas secara profesional secara baik. Dunia melihat bahwa dalam pelaksanaan PON XX, Papua aman," kata dia, saat memberikan pengarahan kepada prajurit TNI-Polri se-garnizun Mimika bertempat di Markas Komando Brigade Infantri Raiders 20/IJK/3 Kostrad, di Timika, Papua, Jumat.

Dalam kunjungan kerja singkat hanya beberapa jam di Timika itu, dia didampingi Kepala Kepolisian Indonesia, Jendral Polisi Listyo S Prabowo.

Rombongan mereka menggunakan pesawat Boeing B 737-400/A-7306 dari Skuadron Udara 17 VIP TNI AU bertolak dari Baseops Pangkalan Udara TNI AU Sultan Hasanuddin di Makassar.

Begitu tiba di Hanggar Bandara Mozes Kilangin di Timika, rombongan disambut para petinggi TNI-Polri di Papua dan Papua Barat, di antaranya Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Letnan Jenderal TNI Jeffry A Rahawarin, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Ignatius Triyono, Panglima Kodam XVII/Kasuari, Mayor Jenderal TNI I Nyoman Çantiasa, Panglima Komando Armada III TNI AL, Laksamana Muda TNI Irvansyah.

Ikut hadir menyambut rombongan itu yaitu Kepala Polda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Mathius D Fakhiri, Kepala Polda Papua Barat, Inspektur Jenderal Polisi Tornagogo Sihombing, Panglima Komando Operasi TNI AU III, Marsekal Muda TNI Samsul Rizal, Komandan Korem 174/ATW, Brigadir Jenderal TNI Bangun Nawoko, Panglima Komando Operasi Gabungan Pinang Sirih, Brigadir Jenderal TNI Susilo, dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL XI/Sorong, Brigadir Jenderal TNI (Marinir) Edy Prakoso.
 

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, memberikan pengarahan kepada para prajurit TNI dan Polri se-Garnizun Mimika di Markas Komando Brigif Raiders 20/IJK/3 Kostrad Timika, Jumat (22/10/2021). Mereka telah bertugas mengamankan PON XX/2021 Papua secara baik. ANTARA/HO/Kodim 1710/Mimika


Ia menyebut institusi TNI dan Polri memiliki peran sangat strategis dan merupakan milik seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah.

"Rakyat Indonesia mempercayakan seluruh tugas mulia berada di pundak seluruh prajurit TNI-Polri seperti penugasan-penugasan di wilayah pulau terpencil dan terluar, di kampung dan di desa-desa, menghadapi teroris sampai dengan giat vaksinasi dan merawat masyarakat yang terpapar COVID-19," kata Marsekal Hadi yang tak lama lagi akan memasuki usia pensiun.

Ia berharap seluruh prajurit TNI dan Polri terus memupuk semangat persatuan dan kesatuan sebagai kunci dan modal utama untuk menjaga keutuhan bangsan dan negara.

Usai melaksanakan kunjungan singkat di Timika, Tjahjanto dan rombongan langsung berangkat menuju Denpasar, Bali, menggunakan pesawat transport VIP TNI AU.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021