Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Kang Emil menuturkan Presiden Joko Widodo membekali rencana pengembangan di Kawasan Rebana dan Jawa Barat Bagian Selatan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2021 tentang percepatan pembangunan di Kawasan Rebana dan Jawa Barat Bagian Selatan.

"Provinsi Jawa Barat mendapatkan komitmen dari pemerintah pusat yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan," kata Ridwan Kamil pada acara pembukaan the 3rd West Java Investment Summit 2021di Kota Bandung, Kamis.

Dengan Perpres tersebut maka Kawasan Rebana yang berada di tujuh kabupaten/kota yakni Subang, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Cirebon dan Kuningan dan enam daerah di Selatan Jabar yakni Sukabumi, Cianjur, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, dan Pangandaran akan mendapatkan intervensi pendanaan dari APBN dan sumber pendanaan lain.

Adapun penyerahan Perpres No 87 Tahun 2021 diberikan oleh Deputi Ekonomi Sekretariat Kabinet Shatya Bhakti Parikesit pada Gubernur Jabar M Ridwan Kamil di WJIS 2021.

Pada kesempatan itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil sekaligus menandatangani nota kesepahaman bersama para bupati di Wilayah Jabar Selatan terkait kesepakatan pengembangan Jawa Barat Selatan.

Kang Emil mengatakan sejak awal Presiden Jokowi menaruh perhatian khusus pada rencana pihaknya mengembangkan kawasan di pantai Utara dan Selatan Jawa Barat tersebut.

"Alhamdulillah kami mendapatkan komitmen lewat Perpres 87 Tahun 2021 sekitar Rp400 triliun sampai 2024 akan digelontorkan untuk Rebana dan kesetaraan di Selatan. Ini komitmen tinggi pemerintah pusat, insyaallah lompatan ekonomi di Jabar akan luar biasa," katanya.

Khusus untuk Kawasan Rebana, Kang Emil optimistis sebagai kawasan di Indonesia yang paling siap dan memenuhi prasyarat pengembangan wilayah.

"Saya lapor Pak Jokowi, menceritakan, tidak ada di Republik ini wilayah sehebat dan se-prospek seperti Rebana," katanya

Ia mengatakan dengan ditopang Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, dan dilengkapi urat nadi Tol Cipali juga kereta api, kawasan ini paling siap menampung investasi.

Dari sisi lahan yang masih relatif murah, dan upah yang masuk ke kelompok menengah ke bawah, jika dibandingkan wilayah lain, Gubernur Ridwan Kamil menilai Rebana lebih unggul.

"Sehingga Pak Jokowi memastikan akan ada Perpres Pengembangan Rebana, alhamdulllah. Dan hal ini mejadi dasar hukum APBN akan all out," katanya.

Perpres tersebut rencananya akan digabung dengan pengembangan Jawa Bagian Selatan yang juga menjadi perhatian pemerintah.

Kang Emil menilai adanya Perpres ini maka seluruh pembangunan di kawasan Rebana dan Jawa Barat selatan bisa diintegrasikan.
Baca juga: Dua kawasan Metropolitan Rebana Jabar ditawarkan ke investor asing
Baca juga: Luhut dukung usulan pengembangan Jabar bagian selatan


Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021