Wagub Jatim: Menteri KKP apreasiasi pengembangan pulau Lusi

Wagub Jatim: Menteri KKP apreasiasi pengembangan pulau Lusi

Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono (kiri) didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (kedua kiri) dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (kelima kiri) meninjau Pulau Lusi di Tlocor, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (19/10/2021). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc/pri.

Sidoarjo (ANTARA) -
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan jika Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengapresiasi pengembangan pulau lumpur Sidoarjo (Lusi) di Sidoarjo, Jawa Timur.

"Pak Menteri KKP apresiasi khusus dan kawal pengembangan pulau Lusi sementara ini," katanya usai mendampingi kunjungan Menteri KKP ke Pulau Lusi di Tlocor, Sidoarjo, Selasa.
 
Ia mengatakan, dalam kunjungan tersebut Menteri KKP berharap adanya ekosistem mangrove (bakau) dan juga cemara laut karena nantinya akan menimbulkan kehidupan baru yang lebih produktif.
 
"Cocok ekosistem mangrove, kami ubah dan mencoba supaya lumpur Sidoarjo itu bisa bermanfaat untuk Sidoarjo menjadi sebuah destinasi baik untuk konservasi alam atau juga kelompok sadar wisata," katanya.

Baca juga: KKP lepasliarkan 3.000 benih lobster di Pulau Lusi Sidoarjo Jawa Timur
Baca juga: Normal baru, KKP bakal batasi jumlah wisatawan ke Pulau Lusi
 
Dalam kesempatan itu Wagub Jatim juga mendapat PR terkait dengan penyediaan air bersih dan juga kekhawatiran terkait dengan pendangkalan sungai, ini yang nanti dicermati bagaimana cara menyikapinya.
 
"Intinya Pemprov akan mengindentifikasi mana yang menjadi ruang dari Pemprov, Kementerian maupun dari Pemkab. Kementerian membuka ruang untuk tempat pengelola tersebut," ujarnya.
 
Dalam kunjungan itu juga dihadiri oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali dan juga sejumlah pejabat lainnya.
 
Untuk menuju ke pulau Lusi hanya bisa ditempuh dengan menggunakan jalur sungai. Pengunjung yang akan datang ke pulau tersebut bisa menyewa perahu dari Dermaga Tlocor. Dari dermaga tersebut menuju ke pulau Lusi dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu jam perjalanan.
 
Kini pulau Lusi menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Pulau yang terbentuk dari endapan lumpur Lapindo tersebut banyak ditumbuhi tanaman bakau, sekaligus sebagai tanda munculnya ekosistem baru.
 
Baca juga: Badan Geologi ungkap kandungan logam tanah jarang di lumpur Lapindo
Baca juga: Mahasiswa UI rancang batu bata ramah lingkungan dari lumpur Lapindo
Baca juga: Muhajirin desak Pemkab Sidoarjo selesaikan sertifikat korban lumpur
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021