Susi Susanti pecahkan rekor Asia angkatan dead lift di PON Papua

Susi Susanti pecahkan rekor Asia angkatan dead lift di PON Papua

Lifter Jawa Barat Susi Susanti melakukan angkatan dead lift dalam nomor angkat berat 52 kg putri PON Papua di Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.

Papua (ANTARA) - Lifter Jawa Barat Susi Susanti memecahkan rekor Asia angkatan dead lift usai menaklukan total angkatan 197,5kg pada kelas 52kg putri angkat besi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Senin.

"Pecah rekor ini sekaligus emas kedua Susi untuk Jawa Barat dari PON," kata pelatih angkat berat Jabar Usdi Permana di Jayapura.

Susi Susanti melampaui capaian angkatan dead lift yang sebelumnya dibukukan lifter asal China Chou Yi Ju seberat total 192,5kg.

Baca juga: Lifter Susi Susanti tambah emas untuk Jabar dari angkat berat putri

Tampil di Auditorium Uncen Jayapura, srikandi Jawa Barat kelahiran 4 Maret 1993 itu mengumpulkan total angkatan 540kg dari babak squat 207,5kg, bench press 137,5kg dan dead lift 195kg.

Angka tersebut melampaui capaian pesaing asal Riau Rostiana yang mengumpulkan total 460kg angkatan dan berhak atas medali perak. 

Usdi mengatakan emas perdana Susi untuk Jabar diperoleh dari ajang PON Jawa Barat pada 2016.

Selain itu Susi juga menyabet perunggu pada kejuaraan dunia angkat berat putri di Dubai 2019 serta medali emas Kejuaraan Asia di Bandung, Jawa Barat, pada 2017 .

Baca juga: Widari persembahkan emas angkat berat untuk Kaltim
Baca juga: Angkat berat DKI Jakarta incar medali meski dengan atlet terbatas
Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021