Sekda DIY sebut pembangunan infrastruktur dan SDM era Jokowi seimbang

Sekda DIY sebut pembangunan infrastruktur dan SDM era Jokowi seimbang

Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji (ANTARA FOTO/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji menilai pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) di era Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin berjalan secara seimbang.

"Seimbang antara pengembangan SDM dan infrastruktur," kata Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu.

Salah satu bukti nyata pembangunan infrastruktur yang dominan di DIY, ujar dia, adalah Yogyakarta International Airport (YIA) yang selanjutnya diikuti dengan Kereta Api Bandara Yogyakarta.

Baca juga: Ketum PBNU sebut Jokowi Bapak Infrastruktur

Kereta Api Bandara Yogyakarta beroperasi secara komersial melayani masyarakat dan wisatawan yang akan menuju Bandara Internasional Yogyakarta maupun sebaliknya sejak 17 September 2021.

"Selain KA Bandara, juga ada JJLS (jalur jalan lingkar selatan) dan jalan tol yang dibangun dalam waktu dekat," kata Aji.

Proses pembangunan JJLS, ujar dia, dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah daerah membantu proses pembebasan lahan, sedangkan pemerintah pusat atau kementerian melakukan pembangunan fisik.

"Infrastruktur yang sudah dibangun ini cukup membantu kita," kata dia.

Baca juga: Kemnaker terus lakukan reformasi birokrasi bidang SDM aparatur

Di sisi lain, lanjut Aji, pembangunan SDM juga dilakukan dengan optimal yang antara lain diwujudkan dalam bentuk pelatihan digital bagi pelaku UMKM.

Para peserta didik di SMK maupun perguruan tinggi juga memperoleh dukungan untuk siap memasuki dunia kerja.

Ia berharap masyarakat mampu memanfaatkan infrastruktur yang sudah disediakan pemerintah hingga di pelosok desa untuk mengembangkan usaha.

"Kami harapkan produksi di desa bisa dibawa ke kota, jangan sampai barang-barang dari kota justru masuk ke desa," kata dia.
Pewarta : Luqman Hakim
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021