Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan melalui Politeknik Ilmu Pelayaran/PIP Makssar berkomitmen memberikan kontribusi dalam mencetak sumber daya manusia handal dalam upaya membangun pelayaran nasional.

"Perguruan tinggi pelayaran, tidak terkecuali PIP Makassar memiliki peran penting dalam menciptakan SDM unggul, andal, inovatif, kreatif, dan berdaya saing baik secara nasional maupun internasional untuk mewujudkan konektifitas dan keselamatan pelayaran," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Capt. Arif Priadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Perguruan tinggi Kementerian Perhubungan di Perhubungan Laut/Pelayaran PIP Makassar, merupakan institusi pendidikan pelayaran tertua di Indonesia akan genap berusia 100 tahun pada 13 Oktober 2021.

Dikatakan, PIP Makassar sebagai perguruan tinggi pelayaran tertua telah memiliki sejarah panjang dan berkontribusi luar biasa dalam membangun pelayaran Indonesia.

Ia menambahkan, meskipun telah memiliki sejarah panjang di bidang pendidikan transportasi laut, PIP Makassar untuk terus berinovasi dalam mencetak pelaut yang prima, professional, dan beretika serta mengadaptasi teknologi informasi dalam bisnis prosesnya khususnya dalam memasuki Era Society 5.0.

“Hal ini sejalan dengan program strategis pemerintah dan tentunya arahan Menteri Perhubungan bahwa kualitas SDM merupakan backbone kemajuan dunia transportasi,” tambahnya.

Sebagai perguruan tinggi, PIP Makassar sejak tahun 2014 telah terakreditas B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk 3 (tiga) Program Studi. Bulan Agustus tahun 2021 Program Studi Nautika mendapatkan akreditasi A (Unggul).

Untuk akreditasi Program Studi Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan serta akreditasi lembaga sedang dalam proses.

Baca juga: Kemenhub siapkan penanganan penumpang internasional Bandara Ngurah Rai

Baca juga: Kemenhub: 700 mobil baru dikirim dari Pelabuhan Patimban ke Belawan

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021