... Mudah-mudahan di Wamena dalam waktu dekat direalisasikan, sehingga pasokan logistik akan dapat dimudahkan karena kita ketahui bersama bahwa akses ke Wamena ini yang utama adalah lewat udara...
Wamena (ANTARA) - TNI AU di Wamena mengharapkan dukungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, untuk pengembangan pangkalan angkatan udara (lanud) setempat agar pendistribusian logistik lebih lancar lagi.

Komandan Pangkalan TNI AU Wamena Marthen Indey di Wamena, Letnan Kolonel TNI Yulianto Nurcahyo, di Wamena, Papua, Selasa, mengatakan, pengembangan pangkalan udara TNI AU sangat penting, terutama di wilayah pegunungan Papua.

Baca juga: Lanud Silas Papare salurkan bantuan untuk korban kerusuhan Wamena

"Mudah-mudahan di Wamena dalam waktu dekat direalisasikan, sehingga pasokan logistik akan dapat dimudahkan karena kita ketahui bersama bahwa akses ke Wamena ini yang utama adalah lewat udara. Untuk jalan darat masih sangat sulit, banyak rintangan sehingga salah satu angkutan efektif adalah udara," katanya.

Pembangunan Markas Komando Pangkalan Udara TNI AU Marthen Indey sudah berjalan dan hampir mencapai 80 persen tahap penyelesaian.

"Yang kami kurang adalah mungkin tempat tinggal personel, nanti kami mohon dukungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mengalokasikan tempat untuk kami dapat segera eksis membantu kegiatan atau dalam rangka memajukan daerah, terutama daerah yang sulit dijangkau," katanya.

Baca juga: Lanud Silas Papare kembali berangkatkan 62 pengungsi dari Wamena

Rata-rata pangkalan udara TNI AU di Tanah Air memiliki personel sekitar 150 hingga 200 orang sehingga jika dilakukan pengembangan maka akan ditambahkan lagi personel.

"Kebetulan kemarin saya juga menjabat sebagai komandan pangkalan udara TNI AU di Maluku Tenggara, anggota kami sekitar 120 orang. Itu sudah cukup memadai untuk mengawaki daerah-daerah yang agak jauh dari perkotaan," katanya.

Baca juga: Lanud: Jumlah pengungsi Wamena capai 11.410 orang

Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi, mengatakan, dukungan kepada TNI AU itu masih dalam tahap pembicaraan antara pemerintah dan DPRD.

Ia mengatakan rencana pengembangan itu memang perlu persiapan dan koordinasi sehingga bisa terlaksana.

"Untuk penentuan lokasi dan lain-lain, karena ini perlu pembiayaan yang besar sehingga perlu ada perencanaan ke depan lebih baik sehingga bisa mendapat tempat bagus untuk teman-teman dari lanud," katanya.

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021