New York (ANTARA) - Produk dan dana investasi mata uang kripto mencatat arus masuk selama tujuh minggu berturut-turut, karena investor institusional menyambut pernyataan yang lebih mendukung dari regulator, data dari manajer aset digital CoinShares menunjukkan pada Senin (4/10/2021).

Arus masuk ke sektor ini mencapai 90,2 juta dolar AS minggu lalu, dipimpin oleh Bitcoin yang meraih 69 juta dolar AS, menurut data CoinShares per 1 Oktober. Selama tujuh minggu terakhir, arus masuk kripto mencapai 390 juta dolar AS. Untuk tahun ini, arus masuk mencapai 6,1 miliar dolar AS.

Bitcoin mencatat aliran masuk minggu ketiga berturut-turut.

“Kami percaya perubahan arah yang menentukan dalam sentimen ini disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan pada kelas aset di antara investor dan pernyataan yang lebih akomodatif dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) serta Federal Reserve,” tulis James Butterfill, ahli strategi investasi, di CoinShares.

Ketua SEC Gary Gensler minggu lalu di konferensi Financial Times menegaskan kembali dukungannya untuk dana yang diperdagangkan di platform pertukaran atau bursa Bitcoin yang akan diinvestasikan dalam kontrak berjangka alih-alih mata uang digital itu sendiri.


Baca juga: Uang kripto catat arus masuk minggu keenam beruntun, dipimpin Bitcoin

Sehari kemudian, Ketua Fed Jerome Powell, dalam sambutannya di depan Kongres, mengatakan The Fed tidak berniat melarang mata uang kripto.

Bitcoin pada Senin (4/10/2021) mencapai level tertinggi empat minggu di bawah 50.000 dolar dan terakhir naik 2,3 persen pada 49.333 dolar.

Penyedia data Blockchain Glassnode, dalam catatan penelitian terbarunya pada Senin (4/10/2021), menunjukkan bahwa ketika bitcoin menguat dari kisaran perdagangannya yang sempit minggu lalu, sekitar 10,3 persen dari pasokan yang beredar kembali ke keuntungan yang belum direalisasikan.

Sementara itu, produk dan dana Ethereum, membukukan arus masuk satu minggu lagi dengan total 20 juta dolar AS, meskipun mengakui pangsa pasar ke Bitcoin dalam beberapa minggu terakhir. Arus masuk ke Ether, token untuk blockchain Ethereum, sejauh tahun ini berjumlah 1 miliar dolar AS.


Baca juga: Saham terkait kripto jatuh di Hong Kong, Bitcoin stabil

Ether terakhir turun 0,4 persen pada 3.403 dolar.

Namun, meskipun arus masuk mingguan berturut-turut di seluruh produk kripto, volumenya rendah pada 2,4 miliar minggu lalu, data CoinShares menunjukkan, dibandingkan dengan 8,4 miliar pada Mei 2021.

Aset yang dikelola di Grayscale dan Coinshares, dua manajer aset digital terbesar, masing-masing naik minggu lalu menjadi 41,1 miliar dolar AS dan 4,6 miliar dolar AS.

Baca juga: Bitcoin melonjak ke level tertinggi dalam hampir dua minggu

Baca juga: Investor miliarder Cohen dan Dalio memuji mata uang kripto

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021