Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin mengatakan sebanyak 24 pasien COVID-19 di kotanya dinyatakan sembuh sehingga total menjadi 12.357 orang.

"Sampai kemarin jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 mencapai 12.357 orang setelah terjadi penambahan 24 pasien sembuh," kata Fairid di Palangka Raya, Sabtu.

Prosentase pasien sembuh dari paparan COVID-19 di kotanya menjadi 94,96 persen dari akumulasi pasien positif yang mencapai 12.994 orang.

Meski tingkat kesembuhan cukup tinggi, ia meminta tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Apalagi, Satgas COVID-19 Palangka Raya masih tercatat penambahan enam kasus positif baru.

Baca juga: Rumah Sakit Perluasan untuk COVID-19 di Palangka Raya resmi ditutup

Baca juga: Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Palangka Raya capai 94,92 persen


Selanjutnya berdasar data Satgas COVID-19 Palangka Raya, warga yang positif dan masih menjalani perawatan sebanyak 132 orang atau sebanyak 1,15 persen dari total kasus positif.

Dari seluruh kasus COVID-19 yang ada juga tercatat sebanyak 505 orang di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini meninggal dunia.

Data tersebut berhasil dihimpun dari seluruh wilayah di Kota Palangka Raya mencakup lima kecamatan dalam 30 kelurahan. Bertambahnya kasus COVID-19 tersebut karena keseriusan pemerintah kota dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Masyarakat juga diminta selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran kasus baru.

Pemerintah juga memperketat pemberlakuan PPKM skala mikro untuk memperkuat pencegahan dan penanganan COVID-19 di tingkat bawah. Pemkot Palangka Raya juga menetapkan PPKM Level 3 yang berlangsung hingga 4 Oktober mendatang.*

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Palangka Raya capai 59,61 persen

Baca juga: Pemerintah Palangka Raya buka layanan donasi bagi korban banjir

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021