Kasal harap vaksinasi dapat bantu pulihkan perekonomian di Rembang

Kasal harap vaksinasi dapat bantu pulihkan perekonomian di Rembang

Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono (dua kanan), meninjau vaksinasi massal di tempat pelelangan ikan di Rembang, Jawa Tengah, Senin (27/9/2021). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, berharap vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dapat membantu memulihkan perekonomian di daerah itu yang bertumpu pada sektor perikanan dan kelautan.

Oleh karena itu, TNI AL bersama Pemerintah Kabupaten Rembang dan Gerakan Pemuda Ansor bekerja sama menggelar vaksinasi massal di Tempat Pelelangan Ikan Desa Tasik Agung, Rembang, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, kerja sama itu merupakan salah satu cara mempercepat laju vaksinasi dan memulihkan perekonomian nasional.

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi COVID-19 di tengah perairan Teluk Jakarta

Margono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Bupati Rembang, Abdul Hafidz, meninjau langsung vaksinasi massal di tempat pelelangan ikan di Rembang, Senin.

Kegiatan itu menyasar nelayan tradisional, tokoh agama, santri, pelajar di Rembang.

Vaksinasi untuk santri dan pelajar merupakan bagian dari mempersiapkan mereka kembali menempuh pembelajaran tatap muka di sekolah dan pesantren.

Baca juga: TNI AL sasar sentra ekonomi untuk vaksinasi massal COVID-19

Peserta vaksinasi menerima vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua buatan Sinovac Biotech Ltd. Penyelenggara menargetkan dapat memvaksin 1.100 orang.

Kegiatan vaksinasi massal di tempat pelelangan ikan itu didukung setidaknya 40 tenaga kesehatan sebagai juru vaksin.

Puluhan tenaga kesehatan itu berasal dari TNI AL, khususnya Balai Kesehatan Pangkalan TNI AL Semarang, Dinas Kesehatan Pangkalan TNI AL Surabaya, sementara tenaga kesehatan lainnya berasal dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Rembang, Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada Rembang, RSI Rembang, RSI Arafah Rembang, RSUD dr R Soetrasno Rembang, Puskesmas Rembang, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kabupaten Rembang.

Baca juga: Kasal ingatkan anak muda di Kalsel menjadi teladan disiplin prokes

Dalam kunjungannya ke Rembang, Margono didampingi Asisten Personel Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi, Asisten Potensi Maritim Kepala Staf TNI AL, Mayor Jenderal TNI (Marinir) Widodo Purwanto, Panglima Komando Armada II TNI AL, Laksamana Muda TNI Dr Iwan Isnurwanto, Komandan Pangkalan Utama TNI AL V/Surabaya, Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, Komandan Pangkalan TNI AL Semarang, Kolonel Laut (P) Nazarudin.

Baca juga: KSAL perintahkan vaksinasi untuk pelajar

Sementara Hadiz sebagai tuan rumah didampingi Wakil Bupati Rembang Hanis Khalil Barok, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Rembang.
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021