Polisi kejar pelaku pembakar mimbar di Masjid Raya Makassar

Polisi kejar pelaku pembakar mimbar di Masjid Raya Makassar

Tim Labfor Polda Sulsel melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) seusai mimbar Masjid Raya Makassar dibakar oleh pelaku pada Sabtu (25/9/2021). ANTARA

Makassar (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar tengah melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku pembakar mimbar di Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu dini hari.

"Kami masih melakukan pendalaman kepada terduga pelaku yang kini melarikan diri," ujar Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana, di sela meninjau lokasi kejadian, Masjid Raya Makassar, Sabtu.

Sejauh ini tim dari kepolisian telah menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait dugaan pembakaran mimbar masjid tersebut oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Dari hasil olah TKP kami lakukan, sudah diketahui ciri-ciri dan identitas diduga pelaku pembakar mimbar. Kami sementara melakukan pengembangan," ujar Witnu pula.

Mengenai siapa yang dimaksud identitas pelaku, pihaknya belum bisa menyampaikan secara detail karena tim sedang melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku itu yang berjenis kelamin laki-laki dan telah melarikan diri.

"Secara resmi belum bisa kami lakukan rilis. Masih melakukan pendalaman terduga pelaku," ujarnya menekankan.

Baca juga: Pengerjaan Masjid 99 Kubah terhambat akibat pekerja terpapar COVID-19
Baca juga: JK imbau pengurus masjid waspada kajian radikal

 
Tangkapan Layar - Ustaz Das'ad Latif (kiri), Pengurus DMI Sulsel Syarifuddin (dua kiri), Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana (tengah) didalampingi jajarannya di sela olah tempat kejadian perkara (TKP) usai mimbar Masjid Raya Makassar, Sulsel dibakar oleh pelaku pada Sabtu (25/9/2021). ANTARA/Darwin Fatir


Sementara itu, Ustas Das'ad Latif bersama pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel sekaligus mantan Wakapolri, Komjen Pol (Purn) Syafruddin menyampaikan kepada masyarakat tidak perlu panik dan khawatir karena masalah tersbut sudah ditangani serius oleh aparat kepolisian.

"Masyarakat tidak usah khawatir dan tidak terprovokasi atas kejadian ini. Semua sudah ditangani oleh kepolisian. Umat islam juga diminta jangan khawatir, ini bukan provokasi, bukan sesuatu hal yang membuat panik. Insya Allah Makassar aman," ucap Da'sad bersama pejabat Polrestabes setempat.

Sebelumnya, kebakaran mimbar di masjid tersebut terjadi pada Sabtu, 25 September 2012 sekitar pukul 01.17 WITA dini hari tadi. Salah seorang laki-laki sempat terekam CCTV, ketika menutup kamera pengintai itu lalu kemudian membakar mimbar masjid.

Aksi itu sempat dilihat warga sekitar lalu memanggil penjaga masjid untuk memadamkan api. Sempat terlihat terduga pelaku meloncat pagar masjid usai menjalankan aksinya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Tim dari kepolisian setempat sementara mengejar pelaku yang telah melarikan diri.
 
Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021