Kemarin, KPK eksekusi Juliari Batubara hingga peredaran uang palsu

Kemarin, KPK eksekusi Juliari Batubara hingga peredaran uang palsu

Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara dan penasihat hukumnya Maqdir Ismail mengikuti sidang pembacaan vonis dari gedung Pusat Edukasi AntiKorupsi KPK Jakarta, Senin (23/8). ANTARA/Desca Lidya Natalia.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa bidang hukum mewarnai pemberitaan nasional Kamis (23/9), mulai dari KPK mengeksekusi mantan Menteri Sosial Juliari Batubara ke Lapas Tangerang, Banten hingga peredaran uang palsu di Tanah Air relatif kecil.

Berikut lima berita bidang hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. KPK eksekusi mantan Mensos Juliari Batubara ke Lapas Tangerang
KPK mengeksekusi mantan Menteri Sosial Juliari Batubara ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten, untuk menjalani hukuman pidana 12 tahun penjara.

"Jaksa eksekusi KPK Suryo Sularso pada hari Rabu (22/9) telah melaksanakan putusan Pengadilan Tipikor atas nama terpidana Juliari P. Batubara yang telah berkekuatan hukum tetap dengan cara memasukkannya ke Lapas Kelas 1 Tangerang untuk menjalani pidana penjara selama 12 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," kata Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

2. Polri pastikan kasus mafia tanah jadi atensi
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memastikan menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengusut mafia tanah guna memberikan kepastian hukum kepada masyarakat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono saat ditemui Kamis di Bareskrim Polri, menyebutkan instruksi Presiden tersebut telah didengarkan seluruh jajaran Polri baik di tingkat markas besar (Mabes), maupun Polda, hingga Polres dan Polsek.

Selengkapnya di sini

3. Polisi amankan dua warga saat kunjungan Presiden di Cilacap
Anggota Kepolisian Resor Cilacap dibantu Pemuda Pancasila mengamankan dua warga saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis.

Informasi yang dihimpun ANTARA di Cilacap, dua warga yang belum diketahui identitasnya itu diamankan secara terpisah di sekitar Lapangan Krida Nusantara, Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara.

Selengkapnya di sini

4. Panglima TNI tinjau vaksinasi 800 pelajar di Pekanbaru
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau pelaksanaan "Serbuan Vaksinasi TNI-Polri" yang diikuti 800 pelajar, santri dan masyarakat di SMP Negeri 9 di Jalan Imam Munandar 398 Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Kamis.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, dan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabarharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Selengkapnya di sini

5. Peredaran uang palsu di RI terbilang kecil
Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Wadirtipideksus) Bareskrim Polri Kombes Pol Whisnu Hermawan menyebutkan peredaran uang palsu di Indonesia terbilang kecil dibanding negara-negara di dunia.

"Pemalsuan uang rupiah Indonesia sangat kecil, jadi kalau 1 juta lembar uang asli, cuma ada tiga lembar uang palsu," kata Hermawan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis.

Selengkapnya di sini

 
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021