TNI AL gencarkan vaksinasi COVID-19 di Jakarta Utara

TNI AL gencarkan vaksinasi COVID-19 di Jakarta Utara

Suasana vaksinasi massal COVID-19 yang diselenggarakan oleh TNI AL di SMPN 53 Jakarta Utara, Senin. (20/9/2021). ANTARA/HO-Humas TNI AL

Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggencarkan vaksinasi massal COVID-19 bagi masyarakat di kawasan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, vaksinasi massal dilaksanakan oleh TNI AL di SMPN 53 Jakarta Utara dan menargetkan peserta vaksinasi sebanyak 400 orang dengan rentang usia 12—59 tahun.

"Antusiasme masyarakat setempat sangat tinggi. Terlihat dari saat pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 WIB, warga setempat sudah memadati antrean untuk segera mendapatkan vaksin," kata Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan ketika meninjau penyelenggaraan vaksinasi massal.

Berkat kesigapan aparat setempat, kata dia, warga dapat diarahkan untuk berbaris dengan rapi dan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga seluruh peserta vaksinasi dapat terlayani dengan baik.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 hingga 14.30 WIB dengan melaksanakan beberapa tahapan vaksinasi, yaitu registrasi untuk memasukkan data, pemeriksaan kesehatan dan riwayat kesehatan (screening), penyuntikan vaksin, dan pengamatan kejadian pascavaksinasi selama 30 menit (observasi).

Vaksinasi massal ini merupakan respons TNI AL atas tingginya permintaan masyarakat untuk memperoleh vaksin di kawasan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Adapun vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac tahap kedua, Aztra Zeneca tahap kedua, serta Pfizer tahap pertama, dan melibatkan 14 vaksinator dari Dinas Kesehatan Pushidrosal.

Kegiatan ini juga merupakan kontribusi TNI AL dalam menyukseskan program yang dicanangkan oleh pemerintah untuk menciptakan kekebalan komunal (herd immunity) dan menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Dalam sambutannya, Agung mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin dan ketat walaupun telah memperoleh vaksin, yaitu dengan membudayakan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi sosial.

"Meskipun sudah divaksin, masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan," kata Agung.

Baca juga: Unpar-TNI AL gelar vaksinasi bagi warga usia 12 tahun

Baca juga: Kasal ingatkan anak muda di Kalsel menjadi teladan disiplin prokes


#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua
Pewarta : Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021