Padang (ANTARA) - Rola Laili Atika yang menjadi satu-satunya petinju putri yang mewakili Sumatera Barat dalam cabang tinju Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua optimistis meraih medali emas.

"Saya optimistis pasti bisa juara pada PON XX Papua sesuai dengan target yang diharapkan KONI Sumbar untuk cabang olahraga tinju ini," kata dia di Padang, Jumat.

Untuk mewujudkan tekad itu dia selalu berlatih intensif baik secara fisik maupun teknik.

"Saya bersama pelatih lebih mengintensifkan latihan fisik dan teknik setiap harinya pada pagi dan sore untuk bisa menargetkan juara," papar dia.

Baca juga: Sulawesi Selatan andalkan Ismail Kadir rebut emas biliar PON Papua

Namun demikian Rola tetap menghadapi berbagai kendala, salah satunya sulit mencari mitra latih.

Hanya ada satu mitra latih yang bisa diajak berlatih tinju dalam meningkatkan kemampuan bertinjunya, namun sang mitra tengah sibuk kuliah sehingga Rola terpaksa berlatih sendirian.

Pelatih tinju Sumatera Barat Soleman Yalmav mengatakan usai latihan fisik dan teknik seharusnya petinjunya berlanjut mengikuti prakompetisi dengan melakukan try out keluar daerah. Tetapi ini tak dilakukan karena menghadapi kendala biaya.

Agar bisa mengikuti prakompetisi, dia mencoba meminta dana TC (training center) intensif Agustus-September 2021 kepada KONI Sumbar. Dia menilai dana itu cukup untuk memenuhi keperluan atlet selama prakompetisi.

Baca juga: Cerita Fania dan keputusannya tunda punya momongan demi PON Papua

"Untuk mencairkan dana TC intensif yang dua bulan tersebut, KONI membuat aturan bahwa Pengprov harus mengajukan proposal dahulu, cuma kendalanya sampai saat ini kami belum terima sepersen pun dana tersebut," kata dia.

Soleman menyayangkan sikap Ketua Pengprov Pertina yang dianggapnya tidak mempedulikan nasib atletnya yang akan berlaga pada PON nanti karena sejak awal latihan Januari sampai sekarang tak ada bantuan yang diberikan kepada petinjunya.

"Padahal yang maju ini adalah atlet tinju putri terbaik, bahkan di Indonesia bagian Barat Rola ini menjadi satu-satunya peraih medali emas pada Porwil X Sumatera," tandas Soleman.

Namun demikian Soleman memastikan dia dan Rola akan terus intensif berlatih sebelum berangkat ke Papua pada 1 Oktober 2021.

Baca juga: Jabar optimistis bongkar dominasi Jatim di cabang selam PON Papua

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021