Makassar (ANTARA) - Pengelola Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Gunungsari Makassar, Sulawesi Selatan, mengandeng Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara untuk memberikan pelatihan jurnalistik dasar kepada publik di lingkungan lapas setempat.

Kepala Lapas Kelas I Makassar Hernowo Sugiastanto di Makassar, Jumat, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai bagian dari program akses keterbukaan informasi serta rangkaian program Pembinaan Fisik Mental dan Disiplin Pegawai (FMD) tahun anggaran 2021 sebagai peningkatan kapasitas kehumasan lapas.

"Saya berterima kasih kepada pewarta LKBN Antara yang telah bekerja sama untuk pelaksanaan kegiatan ini. Tim Humas sudah baik, tetapi diharapkan bisa lebih baik lagi dalam peningkatan kapasitas menyediakan informasi," kata Hernowo saat membuka kegiatan di Aula Lapas Kelas 1 Makassar, Jumat.

Melalui kegiatan ini, Hernowo berharap para peserta bisa mendapatkan output maupun materi ilmu yang berharga dalam menyusun narasi pemberitaan secara layak dan berkualitas.

Baca juga: 5.471 warga binaan di Sulsel sudah divaksin

Baca juga: Penyuap Nurdin Abdullah tahanan titipan di Lapas Makassar


"Saya harap tim Humas yang mengikuti pelatihan ini jangan malu-malu bertanya. Serap ilmu sebanyak-banyaknya dari pemateri kita, untuk pengembangan pengetahuan dalam membuat berita,” kata dia menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, Pemateri sekaligus Pewarta dari LKBN Antara Biro Sulawesi Selatan dan Barat Muh Darwin Fatir menyampaikan dua materi, yakni Teknologi dan Kehumasan di Tengah Digitalisasi.

"Pelatihan jurnalistik ini untuk meningkatkan kapasitas teman-teman humas di lapas dalam hal membuat berita rilis secara benar dan layak dikonsumsi publik. Saya berharap materi yang disampaikan dapat dimengerti serta diaplikasikan dengan baik," urai Darwin.

Kegiatan pelatihan tersebut diselingi diskusi dalam hal materi teknik menulis berita, teknik memilih dan menentukan suatu judul berita, serta mengasah kreatifitas mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Selain pemateri dari LKBN Antara, panitia juga mengundang Pewarta Foto dari media Harian Tribun Timur Sanovra Jr.

Beberapa materi tentang fotografi disampaikan, berkaitan dengan pemilihan angle atau sudut pengambilan gambar sesuai kaidah dan nilai jurnalistik, estetika, komposisi serta kode etik pengambilan foto dan videografer.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, 10-11 September 2021 bertempat di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar.*

Baca juga: HUT ke-75 RI, Kemenkumham Sulsel usulkan remisi 4.757 narapidana

Baca juga: KPK panggil Kepala Rutan Kelas I Makassar

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021