Tingkatkan kepesertaan, Paritrana Awards akan diberikan setiap tahun

Tingkatkan kepesertaan, Paritrana Awards akan diberikan setiap tahun

Wapres Ma'ruf Amin di acara Penganugrahan Paritrana Awards 2020 yang dipantau di Jakarta, Kamis (9/9/2020). ANTARA/Erafzon Saptiyulda AS/ho bpjamsostek.

Jakarta (ANTARA) - Menko PMK Muhajir Effendy menyatakan Paritrana Awards akan diberikan setiap tahun karena terbukti meningkatkan komitmen seluruh unsur pemerintah, mulai dari pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota dan perusahaan dalam mendukung implementasi Jamsostek.

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, menyatakan Paritrana Awards 2020 atau yang keempat merupakan penghargaan tahunan dari Pemerintah melalui Kemenko PMK bersama BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) serta didukung Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Dalam Negeri.

Para kandidat dikumpulkan untuk menerima apresiasi atas dukungan dan kepatuhannya dalam implementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) selama tahun 2020.

Baca juga: Wapres: Pemerintah dukung jaminan sosial untuk lindungi pekerja

Penyerahan Paritrana Awards 2020 ini dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin secara daring melalui kegiatan webinar yang dihadiri oleh para kandidat pemenang.

Penerima Paritrana Awards 2020 terbagi atas beberapa kategori, yaitu kategori Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Perusahaan atau Badan Usaha mulai dari skala besar, menengah, hingga Usaha Kecil Menengah (UKM).

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo menjelaskan kandidat penerima tahun 2020 adalah 34 pemerintah provinsi, 124 pemerintah kabupaten/kota, 143 badan usaha skala besar, 157 badan usaha skala menengah dan 34 UKM yang mewakili tiap provinsi.

Baca juga: Wapres sebut jamsostek sangat penting di era pandemi COVID-19

Setelah diseleksi diperoleh kandidat pemenang dari 7 provinsi, 8 kabupaten/kota, 9 badan usaha skala besar dan 9 badan usaha skala menengah.

Dewan juri dipimpin oleh Hotbonar Sinaga bersama unsur Tim Penilai yang terdiri dari pemerintah, ahli jaminan sosial dan ahli kebijakan publik melakukan wawancara.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengapresiasi seluruh pihak yang berkontribusi atas penyelenggaraan Paritrana Awards 2020. "Pemerintah akan terus mendukung implementasi Jamsostek agar perlindungan menyeluruh bagi pekerja dapat segera terwujud."

Baca juga: BPJAMSOSTEK apresiasi dukungan ke jamsos lewat Paritrana Award 2020

Kantor Cabang BPJAMSOSTEK merupakan garda terdepan dalam mewujudkan kebijakan pemerintah tersebut. Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit, Husaini, menyambut baik dukungan pemerintah atas penegakan regulasi untuk perluasan cakupan perlindungan Jamsostek.

“Kami siap bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) yang berada di wilayah kerja kami,” ujarnya.

Husaini berharap kebijakan pemerintah itu direspon positif pemberi kerja demi kesejahteraan pekerja.

Baca juga: Guru Besar IPB: Program Kartu Prakerja beri nilai manfaat tinggi
Pewarta : Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021